Bang Yos Akan Bikin BIN Jadi Tak Menakutkan

Rabu, 01 Juli 2015 - 09:28 WIB
Bang Yos Akan Bikin BIN Jadi Tak Menakutkan
Bang Yos Akan Bikin BIN Jadi Tak Menakutkan
A A A
JAKARTA - Letnan Jenderal Purnawirawan Sutiyoso telah direstui Komisi I DPR menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Dia bertekad menjadikan lembaga yang akan dipimpinnya nanti menjadi lebih terbuka serta mendorong partisipasi rakyat.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengharapkan masyarakat tidak lagi menganggap BIN sebagai institusi yang menyeramkan.

"Ke depan saya akan membuat BIN itu lebih terbuka. Masyarakat bisa berpartisipasi karena pekerjaan intelijen itu memerlukan banyak informasi. Jadi rakyat tidak perlu melihat BIN itu seperti momok atau menakutkan, tidak. BIN punya kita semua," tutur pria yang biasa Bang Yos ini di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 30 Juni 2015.

Pada awal masa tugasnya, Bang Yos berencana segera meninjau sejumlah hal di internal BIN. Pertama, terkait organisasi BIN. Bang Yos akan melihat apakah sesuai kepentingan dan tugas lembaga itu.

Kedua, kata dia, terkait kekuatan personel mulai dari jumlah hingga kualitas. Ketiga, terkait peralatan yang telah dimiliki BIN.

"Karena saya orang dari luar, mau masuk ke dalam. Saya perlu waktu untuk melihat keadaan yang di dalam itu," kata Bang Yos.

Mantan Wakil Komandan Jenderal Kopassus ini berpesan kepada wartawan kepada wartawan jika ke depan dirinya bakal irit bicara.

Sebagai orang nomor satu di BIN, Bang Yos dituntut menjaga rahasia negara dengan serapat mungkin.

"Pekerjaan intelijen, pekerjaan yang menggunakan azas kerahasiaan sehingga harap memahami ke depan kalau bertemu saya, saya jadi pelit bicara. Jadi anda mengerti saja. Tapi kalau bicara lain bukan intelijen pasti saya akan jawab," tutur Bang Yos.


PILIHAN :


Sutiyoso Diharapkan Masih Punya Kepekaan Intel
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4436 seconds (0.1#10.140)
pixels