Pesawat Jatuh di Alaska, 9 Orang Tewas

Sabtu, 27 Juni 2015 - 10:22 WIB
Pesawat Jatuh di Alaska, 9 Orang Tewas
Pesawat Jatuh di Alaska, 9 Orang Tewas
A A A
KETCHIKAN - Pesawat kecil yang mengangkut 8 penumpang menabrak tebing dan jatuh di dekat Kota Ketchikan, sebelah tenggara Alaska, Amerika Serikat (AS), Kamis (25/6) waktu setempat.

Akibat insiden ini, 9 orang, termasuk pilot, tewas. Pesawat amfibi tersebut disewa kapal pesiar milik perusahaan Holland America Line untuk membawa 8 penumpangnya menyaksikan keindahan Taman Nasional Misty Fjords dan Danau Ella sekitar 30 km timur laut dari Kota Ketchikan. Adapun pesawat merupakan milik Promech Air, perusahaan aviasi yang berbasis di Seattle, AS.

”Tidak ada yang selamat dalam kecelakaan tersebut,” ujar Presiden Direktur Promech Air Marcus Sessoms seperti dilansir CNN. ”Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan duka karena peristiwa ini,” imbuhnya. Sebagaimana dikutip AFP, pihak berwenang, Alaska State Troopers, belum mengungkapkan penyebab kecelakaan tersebut. Proses evakuasi terhalang cuaca buruk.

”Kemungkinan (evakuasi) dilakukan hari ini,” demikian pernyataan pihak berwenang. Nama-nama korban masih dirahasiakan. ”Akan diumumkan setelah pihak keluarga diberi tahu. Lalu dilakukan proses identifikasi dengan melibatkan keluarga,” imbuh perwakilan Alaska State Troopers. Pihak berwenang dibantu Badan Keselamatan Transportasi Nasional Alaska dalam upaya evakuasi.

”Evakuasi (hari ini) terhalang cuaca dan kondisi geografis pegunungan,” ungkap Kepala Badan Keselamatan Transportasi Nasional Alaska Clint Johnson seperti dikutip USA Today. ”Lokasi jatuhnya pesawat berada di dasar tebing yang dalam. Tebingnya juga sangat curam,” lanjutnya. Dia mengungkapkan seorang pilot pesawat pribadi melaporkan melihat reruntuhan pesawat di dasar tebing granit.

”Besok (hari ini) akan kembali dilakukan upaya evakuasi,” ujar Johnson. Ketua Skuad Sukarelawan Ketchikan Jerry Kiffer mengatakan pesawat nahas tersebut berada di dasar dengan kecuraman tebing sekitar 60 derajat. ”Jadi lokasinya seperti menggantung,” ujarnya. ”Kami harus menentukan strategi yang tepat sebelum kami mulai melakukan evakuasi,” imbuhnya.

Pihak Holland America Line sangat berduka atas kecelakaan yang menewaskan 8 penumpangnya. Seluruh penumpang berangkat dari Seattle pada Sabtu (20/6) dan rencananya akan kembali besok. ”Kami sangat terpukul dengan kecelakaan ini. Doa dan pikirankamibersamakorbanserta keluarga mereka,” demikian penyataan Holland America Line. Paket wisata ke Alaska memang sangat diminati.

Ratusan perusahaan travel menjalin kerja sama dengan kapal pesiar dan pesawat amfibi agar konsumen bisa menyaksikan pemandangan spektakuler di kawasan Alaska. ”Tebing-tebing granit yang menjulang indah, sejumlah air terjun setinggi 305 meter, panorama pegunungan yang spektakuler, serta danau yang bening seperti kristal,” demikian promosi tentang Alaska dari Holland America Line dalam situs resminya.

Selain itu kawasan Taman Nasional Misty Fjords juga menjadi tempat tinggal hewanhewan seperti beruang coklat dan hitam, rusa ekor hitam, berbagai jenis serigala, serta berang-berang bisa disaksikan dari pesawat amfibi.

Arvin
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4720 seconds (0.1#10.140)