Langkah dan Kebijakan Membangun Negeri Sejahtera Berjaya

Rabu, 24 Juni 2015 - 10:08 WIB
Langkah dan Kebijakan...
Langkah dan Kebijakan Membangun Negeri Sejahtera Berjaya
A A A
Pembangunan daerah Kabupaten Batubara memiliki beberapa fase penting. Dua tahun pertama merupakan fase persiapan pemekaran dan fase kedua merupakan tahapan pelaksanaan yang ditandai dengan terpilihnya saya sebagai bupati pertama.

Fase ini ditandai dengan terbangunnya infrastruktur dasar yang berlanjut pada optimalisasi fungsi yang ada. Guna merangsang percepatan pembangunan lebih luas, melalui Menko Perekonomian Kabinet Indonesia Bersatu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batubara mengajak pemerintah pusat melihat potensi besar di kabupaten ini. Fase ini merupakan fase cukup berat.

Segala upaya telah dilakukan untuk meyakinkan pemerintah pusat akan potensi daerah walau pada saat itu masih banyak orang yang tidak mengenal Batubara. Atas dukungan dan sinergi seluruh komponen, terutama legislatif yang turut me-yakinkan pemerintah pusat dan terus membantu melakukan sosialisasi ke masyarakat, maka lahirlah Masterplan Percepatan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Program ini merupakan langkah awal mendorong Indonesia menjadi negara maju dan termasuk 10 negara besar di dunia pada 2025 mendatang. Pemerintah fokus membangun pusat pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa, khususnya di Sumatera Utara di wilayah Kabupaten Batubara. Fase ketiga, ditandai dengan kembali terpilihnya saya sebagai bupati untuk periode kedua.

Fase ini Pemkab Batubara sedang melakukan langkah-langkah strategis antara lain persiapan pembangunan Kawasan Industri Kuala Tanjung dengan Kementerian Perindustrian seluas 3.000 hektare (ha), pembangunan Tubuh Ban Kereta Api Kuala Tanjung Bandar Tinggi yang dilanjutkan ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei dengan Kementerian Perhubungan sepanjang 42 kilometer (km).

Kemudian, pembangunan sembilan akses jalan dengan Kementerian Pekerjaan Umum. Dalam membangun fondasi struktur pemerintahan daerah, Batubara telah melakukan pemekaran desa/kelurahan dari 100 menjadi 151 desa/kelurahan yang berdampak pada kemudahan pelayanan pemerintahan, percepatan pembangunan desa, dan ekonomi desa. Dalam mendukung kesiapan pelayanan prima Pemkab Batubara telah membangun perkantoran dinas/instansi secara merata di wilayahnya.

Di samping itu, terbentuknya Polres Batubara dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Limapuluh turut membantu masyarakat dalam kepastian hukum. Kemajuan Pembangunan di Batubara tidak terlepas dari dukungan besar dari pemerintah pusat dalam merealisasi proyek-proyek berskala nasional. Selain itu berkat peranan masyarakat Batubara dalam mendukung setiap pembangunan yang dilakukan.

Ini sejalan dengan kepercayaan masyarakat terhadap saya sebagai kepala daerah yang maju melalui jalur independen selama dua periode. Potensi besar bidang kelautan Batubara merupakan anugerah besar dari Yang Maha Esa untuk dipelihara dan diwujudkan pembangunannya. Di samping menyimpan kekayaan flora dan fauna yang cukup besar, Batubara juga merupakan lintasan kontainer dunia.

Dalam sehari lebih kurang 400 kapal besar melintasi Selat Malaka. Kabupaten ini memiliki palung laut yang dapat dibangun pelabuhan dengan kapasitas 21 juta teus dan dapat ditingkatkan hingga 60 juta teus, yang mampu melebihi kapasitas pelabuhan Singapura. Kabupaten Batubara juga dapat dijadikan pintu pelabuhan internasional karena mampu menjangkau Asia Timur, Afrika, dan Eropa.

Potensi besar ini hanya dapat terbangun jika terus terbina stabilitas keamanan yang cukup, politik yang menunjang, dukungan penuh pemerintah pusat, serta kinerja pemerintah daerah yang optimal. Di samping itu, dukungan masyarakat yang kuat untuk membangun Kabupaten Batubara.

Oleh sebab itu, melalui tulisan ini harapan saya, mari kita bangun Kabupaten Batubara dengan potensi dan bidang kerja masing-masing. Mari kita didik anak-anak kita menjadi generasi pekerja yang akan mengisi setiap lowongan kerja di Batubara dan kita jangan lalai. Kemampuan putra-putri Batubara tidak kalah dengan putra putri dari Pulau Jawa.

Melalui program kerja sama pemerintah daerah bidang pendidikan dengan beberapa sekolah perikanan di Jawa Timur dan Jakarta, menempatkan putraputri Batubara selalu mendapat predikat terbaik dan disiplin yang tinggi. Agar anak-anak Batubara bisa menjadi tuan di rumahnya sendiri, pemkab telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Riset,

Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta Institut Teknologi Bandung (ITB) membentuk Akademi Komunitas Logistik. Pada 2015, akademi itu telah memasuki tahun ajaran kedua dalam menghasilkan tenaga terampil siap pakai dengan strata diploma 2. Lulusannya diharapkan mampu melaksanakan tugas, mengisi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) dari perusahaan yang ada di Batubara, khususnya di pelabuhan dan industri.

OK ARYA ZULKARNAIN
Bupati Batubara
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0896 seconds (0.1#10.140)