Komnas HAM Akan Serahkan Hasil Investigasi Kasus Kudatuli ke DPR

Selasa, 16 Juni 2015 - 13:18 WIB
Komnas HAM Akan Serahkan Hasil Investigasi Kasus Kudatuli ke DPR
Komnas HAM Akan Serahkan Hasil Investigasi Kasus Kudatuli ke DPR
A A A
JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memiliki hasil penyelidikan peristiwa penyerangan Kantor DPP PDI di Jakarta yang sering dikenal dengan peristiwa 27 Juli 1996 atau kasus Kerusuhan 27 Juli (Kudatuli).

Rencananya, Komnas HAM akan menyampaikan hasil penyelidikan Kudatuli itu ke DPR, sebelum calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen TNI Purnawirawan Sutiyoso menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai enggan membeberkan apa saja hasil penyelidikan kasus Kudatuli tersebut. "Enggak mungkin kita sampaikan, nanti kita sampaikan ke DPR dan juga presiden," ujar Natalius Pigai ketika dihubungi Sindonews, Selasa (16/6/2015).

Hasil penyelidikan kasus Kudatuli itu diberikan agar menjadi pertimbangan DPR maupun Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas penunjukan Sutiyoso sebagai calon Kepala BIN.

Dia mengatakan, apakah Sutiyoso memiliki kasus dugaan pelanggaran HAM merupakan salah satu hal yang disorot Komnas HAM. "Kalau Komnas HAM tidak hanya soal penyerangan Kantor PDI itu," imbuhnya.

Sekadar informasi, Presiden Jokowi telah mengusulkan nama Sutiyoso sebagai calon Kepala BIN ke DPR. (ico)

PILIHAN :

Reaksi Keras Kubu Agung Laksono Terhadap Priyo Budi


Diperiksa sebagai Tersangka, Dahlan Iskan Mengaku Sehat


Geger Bunga Misterius di KPK
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5282 seconds (0.1#10.140)