Jeb Bush Siap Maju ke Gedung Putih

Selasa, 16 Juni 2015 - 09:21 WIB
Jeb Bush Siap Maju ke...
Jeb Bush Siap Maju ke Gedung Putih
A A A
WASHINGTON - Jeb Bush, putra Presiden Ke-41 Amerika Serikat (AS) George H W Bush dan adik Presiden Ke-43 George W Bush, mengumumkan pencalonan sebagai calon presiden (capres) dari Partai Republik.

Selama enam bulan, Jeb, 62, mengonsolidasikan dan mengumpulkan dana untuk maju dalam perebutan satu kursi capres dari Partai Republik. Selama itu pula, Jeb memperbaiki citra profil internasional dengan melakukan kunjungan ke luar negeri. Setelah matang dan yakin, Jeb kemarin mengumumkan pencalonannya sebagai capres.

”Saya pikir transisi menjadi seorang kandidat akan membuat saya akan lebih dilihat langsung tentang kemampuan kepemimpinan sebagai presiden mendatang untuk memperbaiki beberapa hal,” kata Jeb Bush kepada CNN. ”Sebagai capres, saya akan lebih spesifik dalam kebijakan,” tambahnya. Pengumuman capres tersebut dilakukan di Miami-Dade College, Negara Bagian Florida, AS, pada pukul 03.00 siang. Lokasi pengumuman di sekolah multikultur menunjukkan komitmen Jeb untuk perjuangannya dalam isu lintas budaya dan ras.

Dia ingin memperluas jangkauan politik Republik yang didominasi warga kulit putih. Dalam pidato pengumuman di Miami, Negara Bagian Florida, AS, dia menawarkan berbagai ide untuk membangun AS. Dia ingin melepaskan bayangbayang keluarga Bush. Jeb ingin menjadi dirinya sendiri. Dalam memo yang disiapkan tim Jeb, dia menjanjikan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan menjanjikan 19 juta pekerjaan. Jeb juga menekankan tentang AS yang lebih kuat di dunia.

”Saat ini musuh kita tidak lagi takut dengan kita. Teman kita tidak lagi percaya terhadap kita. Inilah saat kita memperbaiki hubungan dengan aliansi,” ungkap Jeb. Minggu (14/6) lalu logo kampanye Jeb dirilis ke publik. ”Jeb!” demikian logo tersebut dengan latar berwarna putih. Tidak ada kata ”Bush” dalam logo tersebut. Sepertinya Jeb menghindari penggunaan nama keluarganya tersebut. Video kampanye tentang Jeb juga beredar di lini masa.

Tayangan itu bercerita tentang serangkaian reformasi yang dilakukannya saat dia menjadi gubernur Florida pada 1999 hingga 2007. Langkah Jeb untuk merebut nominasi capres Partai Republik cukup sulit. Sudah ada 10 kandidat yang mendeklarasikan diri untuk maju sebagai capres. Jeb harus bersaing dengan Senator Florida Marco Rubio, Gubernur Wisconsin Scott Walker, dan kandidat lainnya. Jajak pendapat RealClearPolitics menunjukkan popularitas Jeb mencapai 11,3%.

Enam kandidat partai Republik lainnya hanya meraih 4%, termasuk Walker yang meraih angka teratas pada pemilihan di Iowa, AS. Terlambatnya pencalonan Jeb menjadi kendala untuk meningkatkan popularitasnya meski dia memulai penyusunan pencalonan sejak enam bulan lalu. Dia juga harus meyakinkan pendukung Republik tentang keraguan terhadap capres dari dinasti politik Bush.

”Jeb itu berbeda dibandingkan George (ayah dan kakak Jeb),” kata Jeb. ”Saya tidak berusaha melepaskan diri saya dari keluarga. Tapi, saya tahu untuk sukses, saya harus menunjukkan hati dan cerita saya sendiri,” ungkapnya. Jeb menjelaskan, keputusan untukmajusebagaicapresmerupakan keputusan yang dibuatnya sendiri.

”Saya memiliki pengalaman kehidupan yang dipenuhi kesuksesan,” tutur Jeb. Jeb berpotensi untuk mengukir sejarah. ”Jika Jeb menang, kami memiliki dinasti tersukses dalam sejarah perpolitikan di AS,” ucap sejarawan Rick Perlstein.

Arvin
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0865 seconds (0.1#10.140)