Mayweather - Pacquiao Atlet Terkaya Dunia

Minggu, 14 Juni 2015 - 09:19 WIB
Mayweather - Pacquiao Atlet Terkaya Dunia
Mayweather - Pacquiao Atlet Terkaya Dunia
A A A
NEW YORK - Petinju asal Amerika Serikat (AS) Floyd Mayweather menyalip pemain golf Tiger Woods sebagai atlet dengan bayaran paling tinggi di dunia versi Forbes pada tahun ini.

Petinju berusia 38 tahun itu mengantongi penghasilan USD300 juta Rp 3,99 triliun(1USDsetaraRp13.300). Atas penghasilan itu, dia menjadi salah satu atlet terkaya didunia. Capaian itu sesuai dengan impian Mayweather. ”Sejak awal saya ingin bekerja keras menjadi petinju yang mampu menghasilkan USD100 juta per pertandingan,” katanya menjelang pertandingan melawan Manny Pacquiao beberapa waktu lalu seperti dikutip Forbes.

Dan doa Mayweather terjawab. Pertandingan itu menjadi ladang uang terbesar bagi petinju kelahiran 24 Februari 1977 ini. Meski kemenangannya atas Pacquiao mengundang banyak pertanyaan, para sponsor tetap berbaris menggelontorkan uang ke rekening Mayweather. Saat itu, dia memamerkan cek senilai USD100 juta, tetapi para wartawan tidak diperbolehkan mengambil gambar. Laga melawan Pacquiao memang menorehkan rekor dalam hal pembayaran.

Untuk pay-per-view pertandingan itu mencapai USD4,4 juta, total gate USD73 juta, dan dana dari sponsor USD13 juta. Maywetaher bersama sponsornya bisa membagibagi keuntungan mencapai USD400 juta. Total uang yang menumpuk pada pertandingan itu diperkirakan mencapai USD600 juta. Terkadang keberadaan Mayweather di atas ring sensasional dan terbilang glamor. Namun itu tak menyurutkan keinginan para sponsor untuk terus berada di belakang duel yang dilakoni Mayweather.

Sponsor berani menggelontorkan dana besar khusus dalam pertandingan epik. Pada 2014, Mayweather mendapatkan penghasilan USD285 juta. Salah satunya berkat pertandingan melawan Marcos Maidana. ”Dia meraih skor terbesar di dalam sejarah olahraga dan entertainment,” kata Leonard Ellerbe, kepala promosi Mayweather. Pernyataan Ellerbe bukan tanpa alasan. Pada pertandingan melawan Pacquiao, Mayweather berhasil menggaet Hublot, FanDuel, dan Burger King.

Uang yang dia peroleh dari kesepakatan baru dengan sponsor perusahaan besar dan penghasilan di luar ring menambah pundi-pundi penghasilan Mayweather sebesar USD15 juta. Mayweather sudah tiga kali masuk ke dalam daftar atlet dengan bayaran tertinggi di dunia dalam empat tahun terakhir. Setahun sebelumnya, posisi puncak diisiWoodssecara beruntunsejak 2001. Penghasilan Mayweather pada tahun ini bahkan melebihi kejayaanpuncakWoodsyangpernah menghasilkan uang USD115 juta pada 2008.

PosisiMayweatherdisusulpetinjuyangjugalawanterberatnya, Pacquiao. Petinju asal Filipina itu menghasilkan uang senilai USD160 juta. Penghasilan tinggi Pacquiao juga tidak terlepas dari pertandingan melawan Mayweather. Dia berhasil meraup USD125 juta pada megaduel tersebut, empat kali lipat lebih besar dari penghasilan tertinggi yang pernah diraihnya. Pada November tahun lalu, Pacman (julukan Pacquiao) mendapat uang USD23 juta setelah melawan Chris Algieri di Makau, China.

Rekening Pacman kian gendut karena dia memiliki kontrak dengan Nike, Foot Locker, Wonderful Pistachios, dan Netsles Butterfinger. Belum lagi dukungan finansial dari Filipina. Pesaing para petinju adalah bintang lapangan hijau yang bermain di klub sepak bola Eropa. Bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo duduk di posisi ketiga sebagai atlet dengan bayaran tertinggi di dunia. Dia meraih pendapatan USD79,6 juta.

Kemakmuran Ronaldo tidak terlepas dari kesuksesannya meraih FIFA Ballon d’Or untuk yang ketiga kali hingga melonjakkan jumlah penggemar di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram menjadi 158 juta. Tak mengherankan jika pemain asal Portugal itu menjadi anak emas Nike, Tag Heuer, dan Herbalife.

Pesaing Ronaldo, Lionel Messi, mendapatkan kenaikan gaji USD9 juta pada tahun ini. Gaji dan bonusnya mencapai USD73,8 juta. Dia memuaskan Adidas, PepsiCo, Electronic Arts, Turkish Airlines, Gillette, Audemars Piguet, dan sponsor lainnya setelah membawa Barcelona mengangkat piala Liga Champions musim ini (lebih lengkap lihat grafis).

”Peringkat ini didasarkan pada penghasilan gaji, uang hadiah, dan bonus terhitung sejak 1 Juni 2014 sampai 1 Juni 2015. Kami tidak menghitung pemotongan pajak atau upah agen. Selain itu, kami tidak menghitung penghasilan melalui pendapatan investasi,” tulis Forbes . ”Pada tahun ini, hanya ada dua atlet perempuan yang masuk daftar,” lanjut Forbes . Total pendapatan 100 atlet yang masuk daftar peringkat Forbes mencapai USD3,2 miliar dalam 12 bulan terakhir, naik 17% dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, pesepak bola Gareth Bale menjadi atlet termuda dengan bayaran termahal di dunia pada tahun ini. Dia meraih pendapatan USD35 juta dengan duduk di posisi ke-18. Gaji Bale di Real Madrid mencapai USD25,5 juta. Rumor kepindahannya ke Inggris Raya juga dinilai tidak akan memengaruhi harga jual Bale.

Muh shamil
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3343 seconds (0.1#10.140)