Menjadi Tren di Weibo, Diunggah Lebih dari 130 Juta Kali

Sabtu, 13 Juni 2015 - 10:28 WIB
Menjadi Tren di Weibo, Diunggah Lebih dari 130 Juta Kali
Menjadi Tren di Weibo, Diunggah Lebih dari 130 Juta Kali
A A A
Tren baru sedang berkembang di China. Ini bukan sesuatu yang serius. Hanya tantangan melakukan gerakan sederhana tapi unik, yang belum tentu semua orang bisa melakukannya.

Tantangan ini semakin membuat penasaran para pengguna Weibo , media sosial mirip Twitter versi China, dengan mengunggah ribuan foto aksi mereka. Pengguna internet (netizen ) di China tertantang untuk memegang pusar mereka dengan menggunakan tangan yang dilingkarkan ke belakang badan.

Kalimat di Weibo yang menunjukkan tantangan itu tertulis, “reaching your belly button from behind to show your good figure “ (Gapai pusar Anda dari belakang (tubuh) untuk menunjukkan bentuk badan terbaik Anda). Tantangan ini menjadi trending topic yang disebutkan lebih dari 130 juta kali. Tantangan ini juga melahirkan 104.000 diskusi aktif. Setiap hari ada saja yang mengunggah foto aksi mereka dan selalu menjadi tren, terutama di kalangan netizen perempuan.

“Lihatlah! Sukses. Lebih dari empat jam saya mencobanya dan akhirnya bisa menyentuh pusar saya (lewat belakang tubuh),” tulis pengguna Weibo bernama GayleRabbit dikutip BBC . Pengguna lain juga berkomentar, “Whoa , mengapa pusar saya tiba-tiba terlihat dan terasa beda.”

Meski yang melakukan tantangan ini didominasi wanita, seorang blogger lakilaki, Sough Sa, juga tidak mau kalah. Dia mengunggah aksinya dan menarik cukup banyak perhatian. Sa mampu mengumpulkan 2.634 like dan di-share lebih dari 8.452 oleh pengguna Weibo lainnya, serta lebih dari 2.000 komentar. “Apakah tren ini benar-benar sulit? Saya pikir tidak,” ujar Sa.

Tidak mau ketinggalan tren, para selebritas China seperti Yang Mi, Zhang Jiani, dan Huo Siyan, juga melakukan tantangan itu. Banyak yang beranggapan jika dapat menyelesaikan tantangan, artinya orang tersebut memiliki tubuh proporsional. Sebaliknya jika tidak bisa, itu menandakan perut orang tersebut buncit sehingga perlu menurunkan berat badan.

Tantangan ini mulanya muncul untuk membuktikan hasil dari studi ilmiah di Amerika Serikat (AS) yang mengatakan bahwa wanita dengan tubuh langsing bisa menyelesaikan tantangan dengan baik. Namun, pendapat tersebut terbantahkan setelah ada seorang pria dengan perut buncit yang mengunggah foto aksinya ketika berhasil menyentuh pusarnya dengan tangan yang mengelilingi pinggangnya.

Para ahli mengatakan bahwa tantangan itu tidak selalu bisa dilakukan orang yang memiliki tubuh ideal. Bahkan, Xie Wei, seorang instruktur kebugaran asal Nanjing di selatan China, secara lugas menyatakan dirinya tidak bisa melakukan tantangan populer di China itu. “Aku tidak bisa melakukannya dengan baik walau sering melakukan latihan peregangan secara teratur. Ada tiga faktor bagaimana bisa memegang pusar melewati punggung Anda,” ucap Wei dilansir DailyMail .

Tiga faktor yang disebutkan Wei antara lain memiliki tubuh langsing, meski itu bukan jaminan. Seseorang juga harus memiliki lengan panjang, dan terakhir memiliki tubuh yang fleksibel. Mereka yang sering latihan untuk membentuk tubuhnya lebih berotot, menurut Wei, kemungkinan akan sulit untuk melakukan tantangan ini.

Para ahli menegaskan bahwa tidak ada korelasi nyata bahwa wanita dengan tubuh langsing selalu bisa menyelesaikan tantangan ini dengan baik. Pendapat ahli ini bisa menjawab kegelisahan akan tren di China yang hanya ingin menunjukkan kecantikan perempuan dilihat dari seberapa langsing pinggang mereka sehingga sukses melakukan tantangan tersebut.

Ananda nararya
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6415 seconds (0.1#10.140)