Sutiyoso Diharapkan Masih Miliki Kepekaan Perwira Intel

Kamis, 11 Juni 2015 - 06:04 WIB
Sutiyoso Diharapkan...
Sutiyoso Diharapkan Masih Miliki Kepekaan Perwira Intel
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyodorkan nama mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso sebagai satu-satunya calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menggantikan Letjen TNI Purn Marciano Norman yang akan paripurna masa tugasnya.

Berbagai harapan publik langsung disematkan kepada mantan Pangdam Jaya yang akrab disapa Bang Yos tersebut jika lolos dari uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di DPR.

Menurut Pengamat Intelijen Susaningtyas Kertopati, Bang Yos dituntut harus menjadi sosok yang sejalan dengan arah kebijakan pemerintah. Sebab, status Kepala BIN dianggap sebagai 'mata-telinga' presiden yang harus mengetahui sistem peringatan dini (Early Warning System).

"Tentu saja terpilihnya Sutiyoso sebagai Kepala BIN, semoga tak menjadikan BIN mundur ke belakang dalam early warning system," ujar Susanigtyas saat dihubungi Sindonews, Rabu 10 Juni 2015.

Mantan anggota Komisi I DPR ini menambahkan, kendati Sutiyoso sukses di dinas kemiliteran dan pernah menjabat mantan Wakil Komandan Jenderal (Wandanjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus), namun hal tersebut tak jadi jaminan bakal sukses memimpin BIN.

Sebab, kata perempuan yang akrab disapa Nuning ini, Bang Yos yang juga Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) itu sudah lama meninggalkan dunia kemiliteran dan pertahanan, semenjak aktif menjadi sipil dengan mengambil jalur politik praktis.

"Sutiyoso sendiri sudah lama tak dalam sistem. Semoga saja dirinya masih memiliki kepekaan seorang perwira intel," ucap Nuning.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9851 seconds (0.1#10.140)