Penembakan Brutal di China, 5 Orang Tewas

Rabu, 10 Juni 2015 - 08:35 WIB
Penembakan Brutal di China, 5 Orang Tewas
Penembakan Brutal di China, 5 Orang Tewas
A A A
BEIJING - Seorang warga China di wilayah pedalaman Provinsi Hebei Utara menembak mati empat orang, dua di antaranya polisi.

Pelaku akhirnya ditembak mati polisi. Pelaku penembakan menggunakan senjata jenis doublebarreled shotgun . Polisi masih menyelidiki motif di balik penembakan massal itu. ”Berdasarkan penyelidikan awal, pelaku Liu Shuangrui secara membabi buta melepaskan tembakan ke arah warga di Desa Xishibao, Fuzuo, Suning, sekitar dua jam dari selatan Beijing,” kata polisi lokal, dikutip Reuters, kemarin.

Polisi yang datang memenuhi panggilan darurat ke tempat kejadian perkara (TKP) juga tidak luput dari ”amarah” pelaku. Dua polisi pun akhirnya tewas yakni Yuang Shuai dan Xue Yongqing. Mereka bertugas di Birokrasi Keamanan Publik Suning. Sementara korban tewas dari pihak warga yaitu Liu Xinyuan, 40, dan Liu Guangchun, 70.

Akibat insiden tersebut, lima orang lainnya juga mengalami luka-luka. Dua petani Li Suxia (istri Liu Guangchun) dan Liu Yumin (kakak laki-laki Liu Xinyuan) beserta personel polisi Li Jinwei bahkan harus dibawa ke rumah sakit (RS) di Beijing karena menderita cedera sangat serius.

Pelaku diduga mengidap penyakit gangguan mental Skizofrenia. Karena enggan menyerah, polisi menembak balik pelaku saat mereka mengepung rumahnya. Pelaku akhirnya tewas setelah terhantam peluru pistol polisi. Jasadnya dikeluarkan pada pagi hari waktu setempat.

Berdasarkan siaran pers yang dikeluarkan pemerintah, Liu, 55, mengalami gangguan bipolar atau gangguan mental yang menyerang kondisi psikis. Kondisi ini ditandai dengan perubahan suasana hati seperti depresi.

Kasus penembakan di China sangat jarang karena sistem sirkulasi senjata di China tidak sebebas di Amerika Serikat (AS). Terakhir, penembakan terjadi pada Desember 2014. Saat itu pegawai Bank Rakyat China (BRC) menembak mati dua rekan kerjanya.

Muh shamil
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7602 seconds (0.1#10.140)