Saran DPR Pilih 'Manusia Setengah Dewa' untuk KPK

Senin, 08 Juni 2015 - 10:56 WIB
Saran DPR Pilih Manusia...
Saran DPR Pilih 'Manusia Setengah Dewa' untuk KPK
A A A
JAKARTA - Mulai 5 Juni 2015 pendaftaran Calon Pemimpin (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi dibuka. Panitia seleksi (Pansel) pun mendapat pesan dalam memilih calon pemimpin di KPK tersebut.

Anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Alhabsy mengutarakan, tak mudah menjadi pansel KPK. Karenanya, Ia perlu mengingatkan sejumlah hal yang bisa diperhatikan.

"Menjadi pansel KPK itu tugas yang sangat berat, karena mereka harus memilih manusia setengah dewa," kata Aboe Bakar dalam pesan singkatnya kepada Sindonews, Senin (8/6/2015).

Dia menyampaikan, dalam menyeleksi capim KPK mereka diminta untuk cermat, transparan, akuntabel dan nonpartisan. "Cermat artinya harus memperhatikan aspek detail dari profil calon pimpinan KPK," ucapnya.

Dirinya juga menginginkan agar pansel KPK terbuka dalam proses tersebut. Sehingga masyarakat dapat mengetahui kerja-kerja yang dilakukan.

"Dan dapat diakses informasinya oleh masyarakat luas. Sedangkan akuntabel berarti setiap proses yang dilakukan harus dapat dipertanggungjawabkan," terangnya.

Yang terpenting lanjut Aboe Bakar, semua proses harus dilakukan secara profesional. "Jangan sampai mereka terlihat partisan atau memprioritaskan kelompok tertentu," tutupnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0882 seconds (0.1#10.140)