Putra Sulung Wapres AS Meninggal Dunia

Senin, 01 Juni 2015 - 11:37 WIB
Putra Sulung Wapres AS Meninggal Dunia
Putra Sulung Wapres AS Meninggal Dunia
A A A
WASHINGTON - Kabar duka menghampiri keluarga Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Sabtu (30/5) waktu setempat putra sulungnya, Beau Biden, 46, meninggal dunia akibat terserang penyakit kanker otak.

Beau yang pernah bertugas di Irak sebagai pengacara bersama Tentara Garda Nasional Delaware ini sudah sebulan terakhir ini menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Militer Walter Reed. ”Perjuangan dia dalam melawan kanker otak sama dengan integritas, keberanian, dan kekuatan yang ia tunjukan setiap hari dalam hidupnya, ” ucap juru bicara keluarga Joe Biden, dikutip AFP.

Dia menambahkan, seluruh keluarga Beau, khususnya istrinya, Hallie, dan dua anaknya, Natalie dan Hunter, merasakan kesedihan mendalam hingga tidak sanggup berkata-kata. Namun, mereka tetap yakin semangat Beau akan hidup di dalam diri mereka semua. Beau merupakan seorang Demokrat populer dari Pantai Timur Delaware dan diharapkan bisa mengikuti ayahnya ke panggung politik nasional.

Ia bergabung dengan Garda Nasional pada 2003 sebagai hakim umum atau pengacara militer. Dia dikirim ke Irak pada 2008 saat ayahnya mulai berkampanye untuk menjadi wapres pendamping Barack Obama. Dia juga sempat dipertimbangkan untuk menjadi Senat AS dan menempati kursi kosong yang ditinggalkan ayahnya setelah terpilih menjadi wapres pada pemilu 2008.

Namun, Beau tidak memilih itu, dia tetap memutuskan untuk terus bekerja sebagai jaksa agung di Delaware. Obama memberikan penghormatan kepada Beau dengan memuji komitmen Beau Biden kepada keluarganya. ”Seperti ayahnya, Beau seorang yang baik, besar hati, pemeluk Katolik yang sangat beriman. Dia membuat perbedaan dalam kehidupan semua orang yang dia sentuh.

Dia akan selalu berada di dalam hati mereka,” tutur Obama. Obama melanjutkan, semua hal yang dicapai Beau Biden dalam hidupnya tidak membuatnya sombong. Dia tidak kehilangan fokus untuk dedikasinya terhadap keluarganya seperti ayahnya. Kematian keluarga dekatnya bukan kali ini saja menghancurkan hati Joe Biden.

Menjelang Natal pada 1972, istri pertama dan anaknya yang masih bayi juga tewas dalam kecelakaan mobil. Beau dan adik lakilakinya, Hunter, yang juga di dalam mobil mengalami luka berat, namun berhasil selamat. Menurut New York Times, kemungkinan akibat kecelakaan itu, Beau mengalami stroke ringan pada 2010 yang segera ditangani di Texas.

Tiga tahun berselang, dia menjalani operasi di bagian kepala. Ada luka kecil di otaknya yang harus dibersihkan. Beberapa politisi di wilayah Delaware berpikir tahun ini Beau Biden akan mencalonkan diri sebagai gubernur untuk 2016. Namun, kesehatannya terus menurun dalam beberapa pekan terakhir hingga akhirnya dikirim ke RS Walter Reed pada 20 Mei.

Beberapa ungkapan kesedihan dan belasungkawa hadir dari politisi dan petinggi AS. Mantan menteri luar negeri yang mencalonkan diri sebagai presiden AS, Hillary Clinton, juga menulis di akun Twitternya, ”Turut berduka untuk keluarga Beau Biden. Pria luar biasa yang bertugas untuk negaranya dengan pengabdian dan menjalani hidupnya dengan keberanian.”

Ananda nararya
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4486 seconds (0.1#10.140)