Menteri Sosial Apresiasi Program Raskin Gratis

Minggu, 31 Mei 2015 - 10:34 WIB
Menteri Sosial Apresiasi Program Raskin Gratis
Menteri Sosial Apresiasi Program Raskin Gratis
A A A
BANDA ACEH - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi program kesejahteraan sosial Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, terutama dalam hal menggratiskan beras untuk rakyat miskin (raskin).

Gratis tidak hanya pembelian beras, tetapi juga gratis biaya transportasi atau ongkos antarnya. “Raskin ini diantar langsung ke rumah penerima. Ini menunjukkan pemerintah daerah Aceh Jaya benar-benar memperhatikan masyarakatnya, terutama keluarga miskin,” kata Khofifah dalam kunjungannya ke Aceh jaya, Naggroe Aceh Darussalam kemarin. Oleh karena itu, Mensos mengajak Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melakukan sharing program kesejahteraan sosial dengan pemerintah pusat.

Nanti akan ada anggaran yang dibiayai APBN maupun APBK Aceh Jaya. “Yang terpenting datanya lengkap dan serahkan kepada kami. Jangan ada keluarga tidak mampu, tidak menerima program kesejahteraan sosial,” kata Khofifah. Khofifah berkunjung ke Aceh Jaya dalam rangka bakti sosial dan apel siaga Taruna Siaga Bencana (Tagana). Bakti sosial tersebut diikuti 600 Tagana dari seluruh Indonesia.

Mensos menambahkan, ada beberapa program kesejahteraan sosial di Aceh Jaya yang perlu dicontoh daerah lain. Selain subsidi raskin, juga program listrik gratis untuk rumah tangga pengguna daya 2–4 amper. “Pemerintah Aceh Jaya juga menyantuni santri atau anakanak yang menempuh pendidikan di pesantren. Tidak banyak daerah yang memprogramkan untuk kesejahteraan sosial seperti ini,” ungkap Khofifah.

Bupati Aceh Jaya Azhar Abdurrahman mengatakan khusus program listrik gratis, itu merupakan upaya pemerintah daerah meringankan beban ekonomi masyarakat. “Pemerintah Aceh Jaya mengalokasikan anggaran untuk listrik gratis ini Rp4,999 miliar. Listrik gratis ini hanya untuk keluarga miskin,” ungkap Azhar Abdurrahman saat mendampingi Mensos.

Hasyim ashari/ant
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7206 seconds (0.1#10.140)