Thorning-Schmidt Kembali Diunggulkan Pimpin Denmark

Jum'at, 29 Mei 2015 - 07:57 WIB
Thorning-Schmidt Kembali...
Thorning-Schmidt Kembali Diunggulkan Pimpin Denmark
A A A
COPENHAGEN - Perdana Menteri (PM) Denmark Helle Thorning- Schmidt berpeluang untuk kembali unggul dalam pemilihan umum(pemilu) yangakandigelar pada 18 Juni mendatang.

Hasil jajak pendapat menunjukkan kubu oposisi yang dipimpin mantan PM Lars Lokke Rasmussen tidak banyak bersuara. Thorning-Schmidt yang menjabat PM sejak 2011 diakui berhasil memperbaiki perekonomian Denmark. ”Denmark sekarang lebih baik dari pada 2011. Denmark sudah kembali ke jalur yang benar dan berhasil keluar dari krisis,” ungkapnya, dikutip AFP.

Jika ternyata nanti dia kalah dalam pemilu, ini akan menjadi pergeseran sejarah di Eropa Utara karena untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia II, Partai Sosial Demokrat hanya berkuasa di satu negara yakni Swedia. Wanita berusia 48 tahun itu disebut-sebut menjadi salah satu figur demokrasi sosial di Eropa bersama PM Italia Matteo Renzi.

Menjabat sebagai PM sejak 3 Oktober 2011, Thorning- Schmidt menciptakan kontroversi karena melanggar janjijanji kampanye dan bekerja sama dengan kubu pusat-kanan untuk meloloskan reformasi kontroversial. Namun, dia mendapatkan pujian internasional untuk kasus penembakan oleh teroris di Kopenhagen pada Februari lalu. Lulusan University of Copenhagen itu sebelumnya menjabat sebagai Anggota Parlemen Eropa untuk Denmark pada 1999-2004.

Dia terpilih menggantikan Mogens LykketoftsebagaiPemimpin Partai Sosial Demokrat setelah pemilu parlemen 2005.

Ananda nararya
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0597 seconds (0.1#10.140)