10 Olahraga Ekstrem Terfavorit

Kamis, 28 Mei 2015 - 11:39 WIB
10 Olahraga Ekstrem Terfavorit
10 Olahraga Ekstrem Terfavorit
A A A
Olahraga ekstrem adalah istilah populer untuk jenis olahraga dengan tingkat bahaya tinggi. Olahraga pemicu adrenalin ini biasanya melibatkan kecepatan, ketinggian, serta aktivitas fisik berat. Berikut 10 olahraga ekstrem yang difavoritkan menurut jajak pendapat Litbang KORAN SINDO.

SEPEDA GUNUNG 21%

Bersepeda sudah biasa dilakukan orang. Namun, lain halnya dengan sepeda gunung. Untuk melakukan olahraga ini dibutuhkan sepeda dan keahlian khusus. Olahraga ini juga berbeda dengan olahraga sepeda biasa karena memiliki medan berat, yakni daerah pegunungan curam. Sepeda yang digunakan pun harus dirancang sesuai medan. Suspensi bagus, ban kuat serta chasis kokoh menjadi syarat yang harus terpenuhi.

ROCK CLIMBING 17%

Rock Climbing atau biasa disebut panjat tebing tergolong olahraga ekstrem karena menuntut fisik dan mental kuat. Olahraga ini menguji kekuatan pemanjat, daya tahan, kelincahan serta keseimbangan. Biasanya, medan rock climbing atau panjat tebing adalah tebing yang memiliki kemiringan hingga 450 derajat. Untuk melakukan olahraga ini juga diperlukan perlengkapan khusus antara lain sepatu khusus, helm, tali

BUNGEE JUMPING 14%

Olahraga satu ini sanggup membuat jantung berdegup kencang. Bungee Jumping merupakan sebuah olahraga meloncat dari papan dengan ketinggian antara 5-10 meter menuju kolam renang di bawahnya. Peserta olahraga ini dilengkapi dengan alat pengaman seperti tali pengikat elastis di kaki. Dengan demikian, pemain Bungee Jumping tidak sampai masuk ke dalam air, melainkan hanya tergantung di atasnya.

DIVING 14%

Banyak spot-spot menyelam favorit para divers di Indonesia, misalnya Raja Ampat, Wakatobi ataupun Kepulauan Seribu. Sebelum melakukan olahraga ini, seseorang harus dibekali dengan pengetahuan cukup. Semisal peralatan apa yang diperlukan, bagaimana teknik menggunakan tabung oksigen, sampai benda- benda apa saja yang boleh disentuh atau tidak di dalam laut, semisal Bulu Babi atau Landak Laut.

RAFTING 9%

Arung Jeram atau bahasa lainya rafting masuk dalam salah satu olahraga yang memacu adrenalin. Rafting masuk kedalam kategori olahraga ekstem karena risikonya tinggi. Perahu karet yang kita naiki bisa saja terjatuh karena derasnya arus sungai atau terkena bebatuan. Beberapa peralatan khusus yang dibutuhkan untuk olahraga ini adalah perahu karet khusus rafting, helm, pelampung, dayung serta peta sungai.

SELANCAR 7%

Dengan kondisi Indonesia yang sebagian besar terdiri dari wilayah perairan, tak mengherankan jika selancar menjadi salah satu olahraga ekstrem yang disukai. Olahraga ini dikatakan ekstrem karena menuntut peselancar untuk mempertahankan keseimbangan saat berdiri diatas papan. Peselancar juga dituntut untuk menaklukan ombak sehingga tidak ikut tergulung.

NAIK GUNUNG (HIKING) 5%

Hiking pada dasarnya adalah sebuah aktivitas berjalan kaki di alam terbuka. Hiking di Indonesia sering disamakan dengan naik gunung. Naik gunung memang merupakan suatu olahraga yang cukup menantang. Butuh kekuatan fisik dan mental yang cukup untuk dapat mencapai puncak. Tersesat, kelaparan, kedinginan, serta terluka adalah beberapa resiko yang mungkin dihadapi seorang pendaki.

TINJU 3%


Olahraga tinju identik dengan kekerasan, kekuatan pukulan serta ketahanan fisik. Oleh karena itu, orang yang menekuni olahraga ini harus dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan mumpuni. Tinju memiliki banyak macam, di antaranya adalah kick boxing. Olahraga ini sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia.

GULAT 3%

Hampir sama dengan tinju, gulat adalah salah satu jenis senis olahraga di mana salah seorang pemain harus menjatuhkan atau dapat mengontrol musuh. Berbeda dengan tinju yang lebih banyak menggunakan pukulan, gulat umumnya lebih banyak bantingan terhadap lawan. Pengaman yang sedikit membuat olahraga gulat masuk dalam daftar olahraga ekstrem.

SKY DIVING 2%

Sky diving atau terjun payung menjadi salah satu olahraga yang mampu memicu adrenalin . Pencinta Sky Diving harus melompat dari sebuah pesawat udara, lalu pada ketinggian tertentu, mereka harus melepaskan parasut. Untuk melakukan olahraga ini, juga diperlukan pengetahuan dan latihan cukup mengingat resikonya sangat besar. Kecelakaan paling sering adalah tidak terbukanya parasut pada saat yang seharusnya.

*Olahraga Paling Populer Di Dunia

Sepak Bola
Eropa, Afrika, Asia, Amerika
3,5 M orang

Kriket
Asia, Australia,Inggris
2,5 M orang

Hoki
Eropa, Afrika,Asia, Australia
2 M orang

Tenis Lapangan
Eropa, Asia, Amerika
1 M orang

Bola Voli
Eropa, Australia,Asia, Amerika
900 Juta orang

Tenis Meja
Eropa, Afrika,Asia, Amerika
850 Jt orang

Baseball
Amerika Serikat,Jepang
500 Jt orang

Golf
Eropa, Asia,Amerika, Kanada
450 Jt orang

Bola Basket
Amerika Serikat
400 Jt orang
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4570 seconds (0.1#10.140)