Andrzej Duda Jadi Presiden Polandia

Selasa, 26 Mei 2015 - 10:41 WIB
Andrzej Duda Jadi Presiden Polandia
Andrzej Duda Jadi Presiden Polandia
A A A
WARSAWA - Andrzej Duda secara mengejutkan terpilih menjadi presiden Polandia mengalahkan calon petahana (incumbent), presiden Bronislaw Komorowski, kemarin.

Duda mencetak 52% dukungan, unggul dari Komorowski yang hanya mendapat 48%. ”Mereka yang memilih saya mengharapkan adanya perubahan. Bersama-sama kita bisa mengubah Polandia,” ujar kandidat yang diusung kubu oposisi dari Partai Hukum dan Keadilan ini, disambut tepukan dari para pendukungnya di markas kampanyenya di Warsawa, dilansir AFP.

Duda akan dilantik pada 6 Agustus mendatang setelah Komite Pemilihan Nasional Polandia menyatakan pemilihan tersebut sah. Ini adalah kemenangan yang luar biasa bagi Duda karena bisa mengungguli presiden populer. Pada putaran pertama, Duda mendapat banyak dukungan dari para konservatif di wilayah timur Polandia, dekat perbatasan dengan Ukraina dan Belarus.

Sebelum masuk dunia politik, Duda ialah seorang ajudan hukum untuk presiden konservatif Lech Kaczynski, sebelum kematiannya pada 2 0 1 0 d a l am kecelak a a n pesawat di Rusia. Duda sangat terinspirasi dengan Kaczynski dan dia melihat dirinya sebagai pewaris politik Kaczynski.

Sebagai kepala negara, Duda berencana akan memperbaiki angkatan bersenjata di Polandia. Selain itu, juga melakukan koordinasi kebijakan luar negeri dengan menteri luar negeri, menandatangani atau memveto serta menyusun undangundang sendiri. Dia juga akan menunjuk kepala bank sentral untuk mengubah hubungan Polandia dengan Uni Eropa.

Ananda nararya
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1801 seconds (0.1#10.140)