Ketika Selfie Berujung Malapetaka

Senin, 25 Mei 2015 - 10:40 WIB
Ketika Selfie Berujung Malapetaka
Ketika Selfie Berujung Malapetaka
A A A
Fenomena selfie sudah merambah banyak kalangan dan kini tengah menjadi tren dalam gaya berfoto. Tak jarang cara-cara sangat ekstrem dan berbahaya dilakukan untuk menghasilkan foto selfie bagus. Ironisnya malapetaka berujung kematian banyak ditemukan saat selfie yang dilakukan kurang berhati-hati.

James Digigit Hiu
Pada Agustus 2014 James Crowlett meninggal akibat kehilangan banyak darah setelah kaki kanannya digigit oleh hiu ganas. Sebelum hiu menggigit kakinya, James sempat melakukan selfie yang secara otomatis mengirimkan hasil jepretannya ke Facebook.

Ignatyaeva Jatuh dari Ketinggian
Xenia Ignatyaeva melakukan selfie extrim di ketinggian 30 kaki pada malam hari untuk memberikan efek Kota Moscow, Rusia dengan latar belakang jalur kereta api. Ironisnya gadis berusia 17 tahun ini terjatuh dari sisi jembatan dan tewas tersengat aliran listrik 1.500 volt.

Terpeleset di Tebing, Pasutri Polandia Tewas
Sungguh nahas nasib pasangan suami istri asal Polandia ini. Pada Selasa, 12 Agustus 2014 silam mereka tewas saat melakukan selfie di sebuah tebing di Cabo da Raca, Portugal Barat. Kejadian tersebut bermula ketika pasutri ini ingin melakukan foto ekstim, namun saat asik berfoto narsis mereka terpeleset dan tewas setelah jatuh dari ketinggian ribuan meter.

Gadis Rumania Tersengat Listrik
Gadis asal Rumnia, Anna Ursu, tewas setelah aksi nekatnya di atap kereta. Bermaksud untuk mengambir gambar selfie di atap kereta, Anna malah meregang nyawa. Dilansir Dailymail, 14 Mei 2015, ketika sampai di atap kereta, Anna tak melihat situasi di sekelilingnya.Tubuhnya bersinggungan dengan gelombang listrik tegangan tinggi dan mengakibatkan luka bakar parah yang menewaskan dirinya.

Pelajar Madiun Tertabrak Kereta
Seorang pelajar asal Madiun tewas tersambar kereta setelah melakukan selfie di pinggir rel kereta api bersama empat temannya. Peristiwa nahas itu terjadi pada Jumat (20/2/2015) di kelurahan Winongo, Mangunharjo, Madiun. Korban diketahui bernama Tomi Luki Saputra.

Musisi Meksiko Jadiel
Musisi Reggaeton terkenal dari Meksiko Jadiel tewas pada Mei 2014. Beberapa saat sebelum ditemukan tak bernyawa, Jadiel memposting foto selfie dirinya ke akun Instagram. Dalam selfie itu, terlihat Jadiel memakai helm dan masker saat mengendarai sepeda motor. Namun usai melakukan selfie, Jadiel akhirnya tewas akibat kecelakaan sepeda motor fatal.

Terpeleset di Jembatan, Slwia Tewas

Dilansir Metro.co.uk, Kamis (6/11/2014), wisatawan asal Polandia Sylwia Rajchel saat itu sedang berwisata di jembatan Puente de Triana, Sevilla Spanyol. Saat itu Sylwia mengambil posisi di pinggir jembatan dan bersiap memotret diri dengan pose sebaik mungkin. Celakanya, dia terpeleset dan jatuh membentur batu yang menewaskan dirinya.

Kurang Konsentrasi Nyetir, Dua Keluarga Malaysia Tewas
Kecelakaan tragis bermula dari selfie di mobil terjadi di Malaysia. Dua penumpang dalam mobil Norhayati Wook, 50, dan Siti Yuslianis Roslan,20, dilaporkan meregang nyawa. Dilansir Thesundaily, Kamis (9/10/2014) kuat dugaan kecelakaan terjadi karena sang pengemudi kehilangan konsentrasi saat asyik selfie di mobil.

Pemuda Meksiko Tembak Kepala Sendiri
Demi mendapatkan sebuah foto selfie yang fenomenal, seorang pemuda 21 tahun asal Meksiko harus kehilangan nyawanya. Oscar Otero Aguilar tewas setelah berfoto selfie dengan pose menodongkan pistol ke arah pelipisnya. Menurut kesaksian seorang tetangga dirinya mendengar suara tembakan saat kejadiaan naas tersebut. Nyawa Oscar tidak tertolong saat petugas medis membawanya di perjalanan ke rumah sakit.

Unggah Foto, Mobil Courtney Bertabrakan

Courtney Sanford mengambil foto selfienya sesaat sebelum dia meninggal pada 26 April 2014. Sesaat sebelum mobil yang dikendarainya mengalami kecelakaan fatal, dia sempat mengambil foto selfie sebagai reaksi terhadap lagu dari Pharrel Williams berjudul Happy. Dia mengunggahnya ke jejaring sosial dengan caption Happy. Namun sayangnya mobilnya bertabrakan dengan sebuah truk besar dan Courtney Sanford tak selamat.

GAYA SELFIE YANG DIPREDIKSI BAKAL NGETREN 2015

Smile With Your Eyes
Senyum yang terkesan memaksa dan kaku tak akan membuat wajah Anda lebih cantik dan berseri. Di sarankan, saat bibir tersenyum biarkan mata juga ikut tersenyum.

Senyum Jari Kelingking
Sekarang bukan zamannya lagi tersenyum membuka dengan jarak tiga jari seperti yang dilakukan para model di era 90-an saat pemotretan majalah. Selfie dengan gaya tersenyum tipis namun ceria dengan jarak antara bibir atas dan bawah hanya satu jari kelingking diprediksi akan digemari di 2015.

Tempelkan Lidah ke Langit-langit Mulut
Tempelkan lidah pada langit-langit mulut saat tersenyum. Cara ini membuat senyum Anda terlihat lebih manis.

Menghadap Cahaya
Gaya selfie menempatkan posisi menghadap cahaya akan membuat wajah lebih cerah dan terang sehingga tak butuh lagi lampu flash atau mengeditnya agar lebih terang.

Hindari Foto dari Atas
Banyak orang mengambil gaya foto selfie dari angle atas dengan harapan membuat wajahnya terlihat lebih tirus. Cara ini dinilai justru keliru. Mengambil dari angle atas memang membuat wajah tampak kurus dan tirus namun tidak memperlihatkan esensi atau fitur wajah sebenarnya.

Sejajar Kamera
Foto selfie akan terlihat lebih bagus jika pada layar kamera tidak hanya terlihat wajah dan kepala saja, tapi juga leher dan sedikit bahu. Jarak antara wajah dan kamera ponsel sebaiknya sepanjang lengan dan wajah sejajar kamera.

SELFIE PEMIMPIN DUNIA

Kepopuleran selfie ternyata bukan hanya monopoli kaum remaja tetapi juga merambah para pemimpin dunia.

PM Malaysia Najib Razak-mantan Presiden SBY
Presiden Indonesia Joko Widodo
Presiden AS Barack Obama
Pemimpin Umat Katholik Paus Fransiskus
Kanselir Jerman Angela Merkel
Presiden Rusia Vladimir Putin
Sekjen PBB Ban Ki Moon

MEMANJAKAN DENGAN BERAGAM ALAT BANTU

Selain tongsis (tongkat narsis) yang tengah popular, saat ini banyak dijumpai beragam alat bantu foto selfie di pasaran. Berikut 10 alat bantu foto narsis paling unik di dunia.

Topi Selfie
Dalam acara London Fashion Week 2014, Acer berkolaborasi dengan perancang busana terkemuka, Christian Cowan-Sanluis menciptakan sebuah produk gadget nyentrik sebagai alat bantu foto selfie yang dinamakan topi selfie

Tongkat Selfie Bengkok
Sebuah pengembang dari jaringan sosial On.com membuat alat yang disebut BelfieStick. Alat ini sama seperti tongsis biasa namun bentuknya bengkok sehingga memungkinkan penggunanya mengambil foto bagian belakang tubuh.

Aplikasi Selfie untuk Bayi
Aplikasi ini didesain dapat berjalan di sistem operasi android. Cara kerjanya adalah dengan memancing sang bayi melihat gambar-gambar lucu dan permainan unik yang diinstal dalam aplikasi tersebut. Akan ada animasi hewan yang muncul di layar beserta suaranya yang mencuri perhatian bayi, pada saat bayi melihat layar itulah kamera akan memfoto ekspresi bayi.

Selfie Drone
The Nixie, begitulah alat ini dinamakan, merupakan sebuah kamera yang dapat diterbangkan. Cara kerja alat ini adalah Nixie akan lepas landas dari pergelangan, kemudian terbang ke atas dan menjepret foto atau video Anda lalu kemudia kembali ke pergelangan tangan seperti bumerang.

Pemanggang Roti Selfie
Sebuah perusahaan yang berbasis di Vermont membuat alat pemanggang roti yang dapat mencetak wajah Anda di sebuah roti.

Printer Tiga Dimensi Buat Selfie

Adalah Hellmann seorang pembuat mayones, menciptakan printer 3D yang bisa mencetak foto dengan mayones ke atas hamburger yang dipesan. Ini menjadi trik dagang yang menarik perhatian.

Sisir Selfie
Namanya SelfieBrush yang khusus didesain untuk iPhone. Dengan menggunakan alat ini Anda bisa berdandan dan langsung mengambil gambar . Harga alat ini cukup terjangkau, dengan membayar sekitar Rp200.000 Anda bisa memilikinya.

Cermin Selfie
StrategyLabs sedang mengembangkan sebuah teknologi pada cermin yang mampu menjepret gambar. Alat ini diberi nama Selfie Mirror. Selfie Mirror menggunakan lemari kecil dengan cermin dua arah yang dipasang pada pintu berengsel seperti pintu kamar mandi. Pengguna hanya diminta untuk berdiri di depan cermin dan tersenyum, dengan menggunakan pemicu khusus di lantai maka secara otomatis foto akan diambil.

Baju Selfie
Timur Kim, seorang desainer busana Rusia Central Saint Martins berfikiran bahwa agar terlihat bagus saat selfie perlu diperhatikan pula baju yang dipakai. Ia mendesain sebuah baju dengan desain grafis menarik yang terkonsentrasi pada bagian leher, bahu, dan daerah atas dada.

Grip Snap
Monopod atau tongsis yang dilengkapi dengan magnet sehingga mampu menempel pada permukaan logam dan menahan perangkat ponsel Anda saat akan mengambil foto dalam pandangan yang lebih lebar. (sumber: www.theverge.com, www.latimes.com, www.incrediblethings.com, ww.cnet.com, www.gizmag.com, www.buzzfeed.com, odditymall.com)

ROBERT CORNELIUS
Robert Cornelius dipercaya sebagai orang pertama yang mengambil foto diri pada tahun 1839 dengan menggunakan proses Daguerreotype . Daguerrotype adalah sebuah metode atau proses untuk membuat foto yang pertama kali dipublikasikan di dunia. Tapi, apakah itu benar-benar dapat dianggap sebagai “selfie” masih dalam perdebatan.

STATISTIK SELFIE

45% Hampir setengah dari orang dewasa mengakui pernah melakukan selfie
40% Mereka yang berusia 18-24 mengaku melakukan selfie setidaknya seminggu sekali
1,3 Wanita lebih banyak melakukan selfie dibanding pria

Selfie wajah seseorang yang dibagikan melalui situs sosial

38% lebih mungkin untuk di ‘Like’
32%lebih mungkin untuk dikomentari

6 TREN JENIS SELFIE PALING POPULER

The Beach Brag
Ketika kebanyakan dari kita sedang berkutat dengan pekerjaan, selalu ada satu orang yang ingin memamerkan pemandangan indah, selfie ini biasanya diambil saat liburan

Duckface
Selfie muka bebek adalah foto bibir manyun klasik, yang disempurnakan oleh para selebriti

The ‘Healthie’
Sebuah selfie yang didesain untuk memamerkan tubuh atletis atau gaya hidup sehat kita

Dressing Room Selfie
Diambil untuk memamerkan pakaian baru, biasanya diambil dengan bantuan kaca!

Foodie Selfie
Foto makanan kita yang bervariasi dari sandwich sederhana hingga hidangan berkelas bintang Michelin

Celebrity Selfie
Saat ini, siapa saja bisa menjadi paparazzi – yang kita butuhkan hanyalah mencari selebritinya

10 KOTA PALING BANYAK SELFIE

1. 258 Makati City & Pasig, Filipina

2. 202 Manhattan, NYC, AS

3. 155 Miami, Florida,AS

4. 147 Anaheim & Santa Ana, California, AS

5. 141 Petaling Jaya, Malaysia

6. 139 Tel Aviv, Israel

7. 114 Manchester, Inggris

8. 108 Milan, Italia

9. 99 Cebu City, Filipina

10. 95 George Town, Malaysia
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4463 seconds (0.1#10.140)