BHIT Siapkan Private Placement

Jum'at, 22 Mei 2015 - 10:30 WIB
BHIT Siapkan Private Placement
BHIT Siapkan Private Placement
A A A
JAKARTA - Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) dan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) PT MNC Investama Tbk (BHIT) menyetujui rencana private placement dalam perseroan.

Wakil Presiden Direktur BHIT Darma Putra mengatakan, dalam aksi korporasi ini perseroan berencana melepas porsi saham maksimal 10% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh. Porsi saham yang akan dilepas direncanakan sebanyak 8,92%. ”Pelaksanaannya tergantung kebutuhan. Kami memiliki waktu dua tahun sejak ditutupnya RUPS tahun ini. Porsi 8,92% itu setara dengan sekitar 3 miliar saham,” papar Darma seusai pelaksanaan RUPST dan RUPSLB perseroan di MNC Tower, Jakarta, kemarin.

Rencananya, harga nominal ditetapkan Rp100 per saham. Sementara harga pelaksanaan yang sebelumnya diterbitkan Rp300 per saham. Dana hasil aksi korporasi ini rencananya digunakan untuk mengakuisisi perusahaan lain. Selain akuisisi, opsi penggunaan lainnya akan disesuaikan dengan situasi ekonomi, baik internal maupun makro.

Dana tersebut dapat disuntikkan untuk anak usaha perseroan yang kemudian digunakan mengakuisisi perusahaan lain. ”Tahun ini kita akan fokus untuk perusahaan media. Di saat perekonomian yang slowing down seperti saat ini justru banyak peluang untuk akuisisi,” ujarnya. Selain itu, rapat para pemegang saham kemarin juga menyetujui pembagian dividen sebesar Rp116,67 miliar atau setara dengan Rp3 per saham.

Pembayaran dividen untuk para pemegang saham akan dilakukan pada 24 Juni 2015. Disebutkan, laba bersih perseroan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk pada 2014 naik sebesar 156,6% menjadi Rp195 miliar dari tahun sebelumnya yang mencatat rugi bersih Rp344 miliar.

Dividen tunai sebesar Rp3per saham tersebut akan dibagikan kepada para pemegang saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham (DPS) pada recording date tanggal 3 Juni 2015 sampai dengan pukul16.00 WIB.

Nilai total dividen tersebut belum memperhitungkan jumlah saham yang akan dikeluarkan sehubungan dengan aksi korporasi perseroan dan/atau pelaksanaan management and employee stock option program (MESOP). ”Selain itu, sisa laba bersih pada tahun lalu akan dialokasikan sebagai laba ditahan untuk memperkuat struktur permodalan perseroan,” tambahnya.

Sebagai catatan, sepanjang 2014, BHIT berhasil mencatatkan pendapatan sebesarRp12,43 triliun atau tumbuh 7,8% dari tahun sebelumnya senilai Rp11,53 triliun. Kenaikanpada konsolidasi pendapatan tersebut merupakan hasil akumulasi strategi yang efektif serta pencapaian kinerja berkelanjutan yang sangat memuaskan dari masing-masing entitas anak usaha BHIT.

Kontributor terbesar BHIT adalah dari pendapatan entitas usaha anak di sektor media sebesar 82,4% atau dengan nominal Rp10,244 triliun. Sementara pendapatan sektor lembaga keuangan berkontribusi 8% atau setara Rp996 miliar dan pendapatan lainnya berkontribusi 9,6% setara Rp1,194 triliun.

Adapun EBITDA BHIT naik sebesar 5,7% menjadi Rp4,35 triliun pada 2014 dari Rp4,12 triliun pada 2013. EBITDA margin BHIT terhitung sebesar 35% pada tahun lalu dari total pendapatan.

Hafid fuad
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5709 seconds (0.1#10.140)