Jokowi Minta Pansel Capim KPK Segera Bekerja

Kamis, 21 Mei 2015 - 09:15 WIB
Jokowi Minta Pansel Capim KPK Segera Bekerja
Jokowi Minta Pansel Capim KPK Segera Bekerja
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta panitia seleksi (Pansel) calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera berkerja. Presiden Jokowi sudah memilih sembilan ahli dari berbagai latar belakang.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, pansel harus segera melakukan seleksi terhadap capim KPK untuk diserahkan kepada dirinya, kemudian akan diteruskan kepada Komisi III DPR.

"Saya berharap panitia seleksi KPK segera bekerja untuk menyeleksi dan menentukan nama calon pimpinan KPK yang selanjutnya diserahkan kepada presiden," ujar Presiden Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (21/5/2015).

Presiden Jokowi mengatakan, Pansel Capim KPK harus berintegritas dan kompeten. Mantan Wali Kota Solo ini memilih ahli hukum hingga ahli pencucian uang. Pasalnya, selama ini KPK kerap menggunakan Undang-undang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) untuk menyita aset koruptor hasil korupsi.

"Ada ahli hukum, baik hukum pidana, hukum tata negara dan hukum bisnis, ada ahli ekonomi manajemen organisasi, psikolog, sosiolog dan ahli tata kelola pemerintahan," tegas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap, Pansel Capim KPK yang mempunyai kemampuan lengkap mampu melahirkan komisioner KPK yang berintegritas, independen dalam penegakan hukum.

"Saya berharap komisioner yang terpilih memiliki kemampuan lengkap, mampu memperkuat kelembagaan KPK dan mampu bersinergi dengan lembaga hukum yang lain," tegasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6089 seconds (0.1#10.140)