Ujian Sekolah SD Masih Jadi Syarat Kelulusan

Senin, 18 Mei 2015 - 11:37 WIB
Ujian Sekolah SD Masih Jadi Syarat Kelulusan
Ujian Sekolah SD Masih Jadi Syarat Kelulusan
A A A
JAKARTA - Hari ini seluruh siswa jenjang sekolah dasar (SD) akan mengikuti ujian sekolah. Hasil ujian ini masih menjadi syarat penentu kelulusan dan melanjutkan ke jenjang sekolah menengah pertama (SMP).

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengatakan, Kemendikbud telah mengeluarkan Peraturan Kabalitbang Kemendikbud No 9/H/HK/2015 tentang Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah SD/MI, SDLB dan Paket A.

Dalam aturan itu disebutkan, pertimbangan kelulusan juga ditentukan oleh kehadiran siswa dari kelas 1 hingga 6 dan memperoleh nilai baik untuk seluruh mata pelajaran dan muatan lokal. Nizam mengatakan, Kemendikbud berkontribusi dalam 25% naskah soal ujian SD. Selain itu menetapkan kisi-kisi soal untuk pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Sedangkan 75% paket soal lainnya dibuat oleh pemerintah provinsi dengan kisikisi yang ditetapkan oleh Kemendikbud. ” Sejak tahun lalu sudah disebut ujian sekolah. Puspendik membantu daerah menyiapkan soal-soal ujian dan memberikan 25% soal sebagai standar pembanding antardaerah,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budiman menyampaikan, pada Sabtu (16/5), pihaknya sudah mendistribusikan naskah soal ujian SD ke lima lokasi. Pemprov juga sudah menggelar video conference agar distribusi naskah soal ujian yang akan diselenggarakan 18-20 Mei ini bisa serentak di lima lokasi tersebut. Arie mengatakan, persiapan menjelang ujian sekolah SD telah dilakukan dengan cermat.

Mulai dari penyusunan naskah soal hingga ke distribusi. Arie menyebutkan, jumlah naskah soal UN SD yang diterima Dinas Pendidikan DKI Jakarta sebanyak 153.134 lembar soal dengan 9.404 amplop. Mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI ini merinci, sebanyak 140.704 lembar soal dengan jumlah amplop sebanyak 8.507 lembar untuk SD dan 12.430 naskah soal yang dimasukkan ke dalam 897 amplop untuk madrasah ibtidaiyah.

Lima titik lokasi distribusi naskah soal UN SD di Jakarta adalah di SDN Menteng 03 Jakarta Pusat, SD Swasta Jubilee Jakarta Utara, SD Al Azhar 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, SD Sevilla Jakarta Timur, SD Swasta Notre Dame Jakarta Barat dan satu SD di Kepulauan Seribu.

Neneng zubaidah
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7517 seconds (0.1#10.140)