Pasukan Khusus AS Bunuh Tokoh Kunci ISIS

Minggu, 17 Mei 2015 - 11:02 WIB
Pasukan Khusus AS Bunuh...
Pasukan Khusus AS Bunuh Tokoh Kunci ISIS
A A A
WASHINGTON - Operasi militer yang dilancarkan pasukan khusus Amerika Serikat (AS) di Suriah timur kemarin berhasil membunuh salah satu tokoh kunci organisasi radikal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Sayyaf.

Gedung Putih mengonfirmasi, mereka juga berhasil menangkap istri target serangan, Umm Sayyaf. ”Selama berlangsungnya operasi, Abu Sayyaf tewas ketika dia terlibat dalam serangan melawan pasukan AS,” ujar juru bicara Gedung Putih urusan keamanan nasional Bernadette Meehan seperti dikutip AFP kemarin.

Menteri Pertahanan Ashton B Carter memastikan tidak ada pasukan AS tewas atau terluka dalam misi itu. Dia mendeskripsikan keberhasilan melumpuhkan tokoh senior ISIS sebagai ”pukulan signifikan” bagi kelompok itu. Abu Sayyaf memainkan peran penting dalam operasi minyak dan gas bumi yang menguntungkan ISIS.

Dia selama ini disebut- sebut sebagai aktor utama dalam penguasaan ladang-ladang minyak. Karena itu dia kerap dijuluki ”menteri minyak”. Adapun Umm Sayyaf kini telah dibawa di Irak dan ditawan dalam fasilitas penahanan militer AS.

Arvin
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)