Kongres PAN Ajang Pertarungan Antarbesan

Kamis, 26 Februari 2015 - 18:46 WIB
Kongres PAN Ajang Pertarungan Antarbesan
Kongres PAN Ajang Pertarungan Antarbesan
A A A
JAKARTA - Suksesi kepemimpinan antara Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan pada Kongres IV Partai Amanat Nasional (PAN) yang akan dilaksanakan 28 Februari mendatang, diprediksi sebagai ajang kompetisi antarbesan.

Direktur Eksekutif Cyrus Network Hasan Nasbi mengatakan, persaingan antar calon ketua umum partai berlambang matahari tersebut merepresentasikan dua keluarga 'politik'.

Dua keluarga politik itu yakni, Hatta yang berbesan dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Zulkifli Hasan yang merupakan besan Amien Rais.

"Ini politik besan yang menarik, besan SBY atau besan Amien Rais? Kita tunggu siapa yang menang," kata Hasan Nasbi di Pakarti Center CSIS, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (26/2/2015).

Menurut Hasan, kemenangan Hatta di Kongres PAN akan menguntungkan SBY dan Partai Demokrat. Pasalnya, sejumlah kursi di DPR yang dimiliki PAN, secara otomatis juga akan menjadi milik SBY.

‎"Sebanyak 49 kursi milik PAN akan jadi milik SBY. Jika ditambah dengan kursi Demokrat, SBY jadi punya kendali 110 kursi, melebihi PDIP yang 109 kursi di DPR," ucapnya.

Terkait peluang Zulkifli yang merupakan besan Amien Rais, Hasan mengatakan pengaruh Amien kini sudah meredup. Meski Ketua MPR itu didukung Soetrisno Bachir, lanjut Hasan, peluang Hatta masih jauh mengungguli.

"Kekuatan pengaruh Amien Rais berkurang. Zulkifli Hasan dibantu Soetrisno Bachir pun Hatta masih tinggi," tandas Hasan.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1325 seconds (0.1#10.140)