Ekspedisi NKRI 2015 di Kepulauan Nusa Tenggara

Jum'at, 14 November 2014 - 04:36 WIB
Ekspedisi NKRI 2015 di Kepulauan Nusa Tenggara
Ekspedisi NKRI 2015 di Kepulauan Nusa Tenggara
A A A
DEPOK - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) kembali menggelar Ekspedisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ekspedisi NKRI 2015 ini akan dilakukan di Kepulauan Nusa Tenggara.

"Ekspedisi ini melibatkan berbagai kalangan termasuk perguruan tinggi," kata Komandan Jenderal (Danjen) Koppasus Mayjen TNI Doni Monardo usai acara sosialisasi Ekspedisi NKRI di Kampus
Universitas Indonesia (UI) Depok, Kamis 13 November kemarin.

Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusa Tenggara 2015 merupakan kelanjutan Ekspedisi Bukit Barisan 2011 di Sumatera, Ekspedisi Khatulistiwa 2012 di Kalimantan, Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi 2013 dan Ekspedisi NKRI Koridor Maluku dan Maluku Utara 2014.

Doni Monardo mengajak berbagai elemen dalam kegiatan ini mulai dari TNI, Polri, mahasiswa dan elemen lainnya.

"Keterlibatan mahasiswa sangat penting agar mengetahui wilayah Indonesia yang sangat luas sehingga mereka dapat mengetahui bahwa Indonesia itu bukan hanya Jawa dan Sumatera saja,"
ungkap Doni.

Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusa Tenggara 2015 akan digelar Januari-Juni 2015.

Materi ekspedisi berupa penjelajahan, penelitian (kehutanan, geologi, potensi bencana, sosial budaya dan soal komunikasi sosial.

"Tujuan ekspedisi adalah meningkatkan potensi pertahanan nasional," ujarnya.Dengan digelarnya kegiatan ini maka akan menambah wawasan kebangsaan, membangun infrastruktur dipedalaman daerah tertinggal.

Serta meningkatkan daerah pariwisata dan mendata serta meneliti sumber daya alam untuk kesejahteraan rakyat. Hasil yang didapat dari kegiatan ini berupa masukan pada pemerintah yang
dapat digunakan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Setelah ekspedisi kami akan memberikan masukan-masukan kepada pemerintah daerah maupun pusat apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup rakyat terutama diwilayah-wilayah
terdepan Indonesia," tutur Danjen Kopassus.

Pejabat Rektor UI Bambang Wibawarta mengatakan, selalu mendukung kegiatan ekspedisi yang dilakukan oleh Kopassus tersebut.

Bahkan, kata dia, peneliti-peneliti dari UI maupun mahasiswa selalu ikut berperan serta secara aktif dalam kegiatan tersebut.

"Sejak pertama kali kita ikut terus mendukung ekspedisi NKRI tersebut," katanya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5855 seconds (0.1#10.140)