KPU Gelar Evaluasi Operator Sidalih dan Situng di Bali

Senin, 27 Oktober 2014 - 10:36 WIB
KPU Gelar Evaluasi Operator Sidalih dan Situng di Bali
KPU Gelar Evaluasi Operator Sidalih dan Situng di Bali
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumpulkan seluruh operator Sistem Daftar pemilih (Sidalih) dan sistem penghitungan (Situng) di tingkat provinsi dan kabupaten atau kota seluruh Indonesia.

Agenda yang dikemas dalam rapat koordinasi (Rakor) dan evaluasi operator Sidalih dan Situng dilaksanakan di Provinsi Bali. Di Bali, rakor dan evaluasi diperuntukkan bagi para operator yang berada di Indonesia bagian tengah dan timur.

"Forum ini spesial untuk saudara-saudara yang menjadi operator Sidalih dan Situng pada pemilu legislatif (Pileg) dan pemilu presiden (Pilpres)," ujar Ketua KPU Husni Kamil Manik di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Bali (27/10/2014).

Menurut Husni, meski pileg dan pilpres sudah selesai dilaksanakan, namun dalam fungsi dan tugas penyelenggara pemilu mengharuskan menggelar evaluasi, termasuk evaluasi terhadap operator Sidalih dan Situng.

Dia menjelaskan, pelaksanaan evaluasi dilakukan dengan tiga tahap, yakni saat awal dimulainya penyelenggaraan pemilu, di tengah pemilu dan pasca penyelenggaraan pemilu. "Nah ini adalah evaluasi pasca pelaksanaan. Setengahnya ketemu di Yogya dan setengahnya ketemu di Bali," ungkapnya.

Kepada operator Sidalih dan Situng, Husni berharap mereka mempunyai catatan-catatan terkait pelaksanaan pemilu baik yang bersifat administrasi maupun catatan pribadi para operator sistem pemilu itu sendiri.

"Sampai kemarin saya melihat tidak persis operator yang mencatat baik di Twitter atau Facebook. Nanti direview setuntas-tuntasnya, apa yang menjadi kelemahan, keunggulan, tantangan kita dan kendala catat dengan lengkap," tambahnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7856 seconds (0.1#10.140)