Pilih Rini, Jokowi-JK Bisa Dibikin Dilematis

Minggu, 26 Oktober 2014 - 10:12 WIB
Pilih Rini, Jokowi-JK Bisa Dibikin Dilematis
Pilih Rini, Jokowi-JK Bisa Dibikin Dilematis
A A A
JAKARTA - Pemerintahan Jokowi-JK diingatkan soal calon menteri yang masuk rapot merah dari KPK. Karena, hal itu akan membuat pemerintahan yang dipimpin Jokowi-JK menjadi dilematis.

"Ini yang saya kurang mengerti, kalau seandainya benar, kan katanya data KPK enggak boleh bocor. Menurut kabar beredar Rini masuk rapor merah, tapi konon dia namanya masih masuk kabinet. Seandainya Rini masih dipertahankan masuk kabinet, maka ada suasana dilematis Jokowi," kata peneliti senior Indonesia Public Institute Karyono Wibowo kepada wartawan di Jakarta, Sabtu 25 Oktober 2014.

Menurut dia, dilematis yang dialami Jokowi lantaran Rini merupakan orang kepercayaan Ketum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Bahkan, Rini masuk dan turut membantu proses persiapan jalannya pemerintahan dengan menjadi Ketua Tim Transisi.

"Dia juga aktif membantu kampanye Jokowi-JK, ini pasti membuat situasi dilematis kalau informasinya benar," ujarnya.

Seperti diketahui, Rini pernah memimpin Astra International. Kedekatannya dengan petinggi Astra Group, Edward Suryadjaya, itulah yang kemudian bersinggungan dengan Ketum Golkar Aburizal Bakrie. Karena Edward sebelumnya pernah menjadi petinggi DPP Partai Golkar di era kepemimpinan Jusuf Kalla.

Kedekatan Rini dengan sejumlah elit Partai Golkar yang saat ini bersebrangan dengan partai koalisi mendukung pemerintah juga menjadi pertimbangan bagi elit PDI-P. Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mencium gelagat tersebut dan memutuskan mencoret nama Rini dari daftar kabinet Jokowi-JK.

Sayangnya, nama Rini tetap masuk dalam jajaran kabinet baru. Rini dikabarkan masuk menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2001 seconds (0.1#10.140)