Tes CPNS Sistem CAT Hemat Kertas 20 Ton

Sabtu, 30 Agustus 2014 - 15:03 WIB
Tes CPNS Sistem CAT Hemat Kertas 20 Ton
Tes CPNS Sistem CAT Hemat Kertas 20 Ton
A A A
JAKARTA - Sistem Computer Assisted Test (CAT) dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun cukup diapresiasi, karena dinilai bisa menjamin transparansi dan akuntabilitas penerimaan aparatur negara. Sistem CAT juga dianggap menciptakan efisiensi.

Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Arya Wibisana menyampaikan, pihaknya lebih sibuk saat seleksi penerimaan CPNS masih menggunakan kertas.

Menurutnya, jumlah peserta tes sebanyak 1,6 juta peserta, lembar soal dan lembar jawaban komputer (LJK) yang harus disiapkan tahun lalu mencapai 2,2 juta.

"Berat kertasnya hingga 20 ton, perlu dua minggu siang malam, tidak tidur siang dan malam untuk urusi berkas sebanyak itu," ujar Bima dalam acara diskusi simulasi seleksi CPNS di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (30/8/2014).

Bima mengatakan, kertas yang menumpuk itu akhirnya harus disimpan di lantai bawah gedung. "Kalau ditaruh di lantai atas takut lantai rubuh saking banyaknya," ucapnya sembari tertawa.
Dia menambahkan, kertas tersebut masih harus diolah selama satu bulan setelah ada jawaban peserta.

"Tapi cerita itu tidak ada lagi sekarang, dengan tes berbasis komputer, tidak ada lagi kertas. Bahkan sekarang bisa tahu hasil ujian saat itu juga," tambahnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9265 seconds (0.1#10.140)