TNI Gelar Latihan Gabungan Terbesar

Selasa, 20 Mei 2014 - 00:24 WIB
TNI Gelar Latihan Gabungan Terbesar
TNI Gelar Latihan Gabungan Terbesar
A A A
JAKARTA - Sebanyak 15.108 prajurit TNI yang terdiri dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU) terlibat dalam kegiatan Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2014.

Hal itu disampaikan Panglima TNI Jenderal Moeldoko saat membuka secara resmi latihan gabungan (Latgab) 2014 dengan sandi Garda Wibawa di Taxy Way Echo (Skuadron 17) Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (19/5/2014).

"Tujuan latihan yaitu meningkatkan profesionalitas prajurit dan satuan dalam operasi gabungan TNI untuk mewujudkan kesiapsiagaan operasional satuan jajaran TNI yang tinggi dalam rangka menghadapi setiap bentuk ancaman dan gangguan yang mungkin timbul di wilayah," tuturnya.

Latgab yang mengambil tema Komando Gabungan TNI Melaksanakan Kampanye Militer di Wilayah Mandala Perang dalam rangka operasi militer perang (OMP) guna menjaga kedaulatan NKRI ini merupakan yang terbesar karena melibatkan tiga kesatuan dan sejumlah peralatan tempur terbaru.

Menurut Moeldoko, latihan gabungan ini sekaligus menyiagakan pasukan jika dihadapkan pada kondisi sebenarnya sehingga prajurit dan kesatuan sudah memiliki kesiapan dan kemampuan yang tinggi.

"Dalam dua tahun terakhir ini kita telah menyaksikan pergeseran geopolitik yang mendalam sehingga secara fundamental akan mengubah landscape secara global," katanya.

Jenderal bintang empat tersebut menyadari, menghadapi berbagai proses transformasi global maka peranan kawasan Asia Pasifik muncul sebagai faktor signifikan yang menentukan saat ini ditingkat regional maupun internasional.

Menurut dia, kawasan Asia Pasifik akan menjadi pusat pembangunan ekonomi dan menjadi kawasan yang sangat menarik untuk menjalin kerja sama.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8174 seconds (0.1#10.140)