64 calon hakim agung lolos seleksi administrasi

Selasa, 25 Maret 2014 - 16:33 WIB
64 calon hakim agung lolos seleksi administrasi
64 calon hakim agung lolos seleksi administrasi
A A A
Sindonews.com - Dari 72 peserta, sebanyak 64 calon hakim Agung dinyatakan lulus seleksi administrasi. Hal demikian dikatakan Komisioner Komisi Yudisial (KY) bidang rekrutmen hakim, Taufiqurrahman Syahuri saat jumpa pers di kantornya, Kramat Raya, Jakarta Pusat, Selasa (25/3/2014).

Dikatakannya, hal itu berdasarkan rapat pleno penentuan hasil seleksi administrasi CHA pada 24 Maret 2014 yang lalu. "Yang tidak memenuhi syarat sebanyak delapan CHA," kata Taufiqurrohman Syahuri.

Lebih lanjut dia menjelaskan, 64 calon hakim Agung yang dinyatakan lulus seleksi administrasi itu, meliputi 16 hakim lolos di kamar perdata, 21 hakim lolos di kamar pidana, delapan hakim lolos di kamar tata usaha negara dan 19 lolos di kamar agama.

Mereka yang dinyatakan lulus seleksi administrasi itu bakal diundang untuk mengikuti seleksi tahap kedua, yang rencananya digelar pada tanggal 5 hingga 7 April 2014 nanti. Seleksi tahap kedua itu yakni penulisan makalah.

Mereka diwajibkan menyerahkan dua karya profesi, masing-masing dua eksemplar berupa satu putusan pengadilan negeri dan satu putusan pengadilan tinggi bagi calon hakim agung dari hakim karir.

Sedangkan mereka yang non karir, diwajibkan untuk menyerahkan dua karya profesi, masing-masing dua eksemplar berupa tuntutan jaksa, pembelaaan advokat, hasil karya tulis dan atau publikasi ilmiah.

Disamping itu, para peserta wajib menyerahkan surat rekomendasi atau referensi dari satu tokoh atau orang yang mengetahui dan memahami aspek integritas, serta satu tokoh yang mengetahui aspek intelektualitas, dan satu tokoh yang mengetahui pengalaman calon hakim.

Dirinya menjelaskan, penerimaan usulan calon hakim agung dilaksanakan pada tanggal 17 Februari hingga 7 Maret 2014, diperpanjang sampai tanggal 21 Maret 2014.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1892 seconds (0.1#10.140)