Politik

Gerindra optimis KPU susun DCT tanpa intervensi

Jum'at,  28 Juni 2013  −  20:21 WIB
Gerindra optimis KPU susun DCT tanpa intervensi
(Istimewa)

Sindonews.com - Ketua divisi hukum dan advokasi partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Habiburrahman mengakui, sekalipun Daftar Calon Sementara (DCS) calon legislatif (Caleg) partai politik ada yang bermasalah, namun Gerindra optimis Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerja maksimal dalam perbaikan DCS.

Menurutnya, tidak menjamin partai yang sudah lolos sebagai partai politik peserta pemilu 2014 mampu menjaga kadernya lolos secara mudah sebagai caleg, apalagi untuk caleg yang berstatus ganda dan bermasalah.

"Tak ada satu partai yang bisa proteksi diri, dalam konteks caleg ganda, kamu juga buka kesempatan pada masyarakat luas buat proteksi daftar sementara caleg di Gerindra," ujar Habiburrahman, dikantor Bawaslu, Jakarta, Jumat (28/6/2013).

Dia menambahkan, terkait gugatan beberapa partai yang bermasalah soal DCS, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada lembaga KPU. Menurutnya KPU bertugas baik dengan mempersilakan partai melakukan gugatan dan hak klarifikasi.

"Dalam kasus seperti ini, KPU laksanakan tugas dengan baik. Hak klarifikasi dan konfirmasi yang tidak kita dapatkan, kemaren sudah kita daftarkan dan akan segera diproses," paparnya.

Seperti diketahui, terdapat beberapa partai peserta pemilu 2014 yang bermasalah dengan DCS para caleg. Partai tersebut seperti, Partai Gerindra, PKPI, Partai Hanura, PPP, PAN, yang secara resmi sudah teregistrasi untuk ditindak lanjuti sebagai gugatan ke KPU.


(lal)

views: 734x

 

shadow