Setengah bulan kosong, MA baru cari tuada TUN

Selasa, 16 April 2013 - 14:52 WIB
Setengah bulan kosong, MA baru cari tuada TUN
Setengah bulan kosong, MA baru cari tuada TUN
A A A
Sindonews.com - Mahkamah Agung (MA) sudah membiarkan jabatan ketua muda (tuada) Tata Usaha Negara (TUN) kosong selama setengah bulan lebih. Pejabat lama, Hakim Agung Paulus Efendi Lotulung sudah memasuki masa purna tugas sejak awal April lalu.

Kendati demikian, sekarang ini pihak MA sedang mencari penggantinya yang dinilai mempunyai kredibilitas yang mumpuni untuk menduduki posisi tersebut.

"Baru mau kita mencari yang paling tepat," ujar Ketua MA Hatta Ali di Gedung MA, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2013).

Kendati demikian, dia belum bisa memastikan mekanisme pemilihannya. Dia juga mengakui, belum mengantongi nama-nama calon yang dianggap layak menduduki jabatan itu.

Menurut Hatta, nanti akan ada perubahan nama jabatan. Dari ketua muda TUN menjadi Ketua Kamar TUN, mengikuti perkembangan sistem kamar di MA. "Belum ada sampai sekarang nanti tentunya kita memilih yang paling tepat untuk menduduki posisi," katanya.

Dari kabar yang diterima, calon pengganti Paulus adalah hakim agung dari jalur karir. Calon terkuat ada dua orang, yaitu hakim agung Supandi dan hakim agung Iman Soebechi.

Supandi saat ini adalah hakim agung dari kamar TUN. Dia adalah hakim yang memutus perkara pemakzulan mantan Bupati Garut, Aceng Fikri. Dia juga hakim yang menyerukan agar MA selalu adaptif dengan iklim demokrasi dan keterbukaan seperti sekarang ini.

Sedangkan Iman Soebechi adalah hakim agung yang pernah menyomasi Komisi Yudisial terkait putusan peninjauan kembali (PK) kasus Lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat.

Sementara itu, Juru Bicara KY, Asep Rachmat Fajar mengatakan, pihaknya berharap pejabat yang terpilih nanti adalah figur yang mempunyai integritas dan intelektualitas juga pemikiran dan sikap yang mempercepat proses pembaharuan MA.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4454 seconds (0.1#10.140)