Wow, pertumbuhan belanja pegawai terus meningkat

Minggu, 16 Desember 2012 - 13:06 WIB
Wow, pertumbuhan belanja pegawai terus meningkat
Wow, pertumbuhan belanja pegawai terus meningkat
A A A
Sindonews.com - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) merilis adanya penggemukan anggaran birokrasi.

Menurut mereka, sejak tahun 2007 pemerintah yang awalnya membuat kebijakan remunerasi untuk melakukan efisiensi, justru tidak berhasil karena belanja pegawai terus mengalami peningkatan.

"Faktanya, belanja pegawai terus mengalami peningkatan, pertumbuhan belanja lebih banyak dinikmati oleh alokasi pegawai. Struktur birokrasi juga semakin buruk," jelas Koordinator Riset Sekretaris Nasional (Seknas) Fitra, Maulana dalam konferensi pers di Seknas Fitra, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Minggu (16/12/2012).

Dia menambahkan, untuk tingkat pusat, lembaga maupun instansi pemeritah menghabiskan anggaran senilai Rp210 triliun yang dialokasikan untuk birokrasi.

Sementara itu, untuk tingkat daerah yang terbagi dalam 302 lokasi, Fitra menemukan, pertumbuhan belanja pegawai meningkat dengan persentase 50 persen anggaran untuk belanja pegawai.

"Di daerah dengan jumlah 302 itu 50 persen belanja daerah tersebut. Dalam komponen belanja ada 3, pegawai, modal, barang dan jasa," katanya.

Dengan total anggaran mencapai 50 persen, maka hal ini semakin mengurangi nilai pembangunan yang semestinya dapat dialokasikan untuk kesejahteraan rakyat.

"Jika sudah 50 persen maka belanja 3 telaitu tadi terkikis maka belanja pembangunan akan semakin habis, bahkan di 11 daerah mencapai 70 persen," katanya lagi.

Terakhir, Fitra menemukan bahwa hal ini terjadi karena minimnya pengaturan besaran tunjangan kesejahteraan di daerah.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9733 seconds (0.1#10.140)