alexa snippet

GRIND Gagas Program 1 Miliar Pohon Kelor

GRIND Gagas Program 1 Miliar Pohon Kelor
Pengurus GRIND memberikan secara simbolis pohon kelor kepada warga. GRIND menggagas 1 miliar pohon kelor untuk Indonesia sejahtera.Foto/Istimewa/Perindo
A+ A-
JAKARTA - Garda Rajawali Perindo (GRIND) menggagas program 1 miliar pohon kelor untuk Indonesia sejahtera. Program ini tidak hanya menjadi penggerak ekonomi masyarakat, tetapi juga upaya menjaga alam dan ekosistem.

“Pohon kelor memiliki banyak manfaat, tak hanya bagi manusia akan tetapi juga lingkungan,” kata Ketua Umum GRIND Kuntum Khairu Basa, Jumat (13/1/2017).

Kuntum Khairu Basa mengungkapkan, pohon kelor dapat dengan mudah ditanam di areal persawahan atau perkebunan. Hasilnya dapat dijual atau dikonsumsi sendiri karena memiliki beragam manfaat.

“Daun kelor merupakan sumber pangan bergizi tinggi karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia,” ungkapnya. 

Menurut Khairu, berdasarkan penelitian nilai gizi yang terkandung dalam daun kelor setara dengan tujuh kali vitamin C pada jeruk, empat kali vitamin A pada wortel, empat kali kalsium pada susu, tiga kali kalium pada pisang dan kali kali protein yang terkandung dalam yogurt.

Selain bermanfaat bagi manusia, lanjut Kuntum, pohon kelor dapat dijadikan pakan hewan ternak seperti kambing. Hal tersebut sejalan dengan program kambing Perindo yang digagas sayap Partai Perindo ini.

“Pohon ini bisa sebagai pakan ternak kambing agar kuat, sehat, gemuk serta tidak muda terkena penyakit,” terangnya.  Manfaat lainnya dari pohon yang memiliki nama latin moringa oleifera ini berfungsi sebagai konservasi alam seperti penahan air tanah, sumber oksigen dan penyubur lahan.

Saat ini, program 1 miliar pohon kelor untuk Indonesia sejahtera telah dijalankan di wilayah Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Rembang, Kabupaten Pati dan Kabupaten Blora. Di sana pihaknya membagikan sebanyak 1.500 bibit pohon kepada peternak kambing binaan Partai Perindo.

Program yang digulirkan Bidang Tani dan Nelayan DPP GRIND tersebut berbarengan dengan penyaluran kambing Perindo yang telah mendapat antusiasme besar masyarakat Jawa Tengah.

“Kami ingin program ini berjalan sukses, banyak masyarakat di berbagai daerah lainnya yang menanam pohon kelor untuk Indonesia sejahtera,” ujarnya.



(whb)
views: 5.624
loading gif
Top