Misbakhun Ungkap Integritas Mr Clean Mar'ie Muhammad

Senin, 12 Desember 2016 - 01:18 WIB
Misbakhun Ungkap Integritas Mr Clean Marie Muhammad
Misbakhun Ungkap Integritas Mr Clean Mar'ie Muhammad
A A A
JAKARTA - Mantan Menteri Keuangan di era pemerintahan Soeharto, Mar'ie Muhammad meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta, Minggu dinihari (11/12/2016) sekitar pukul 01.37 WIB.

Mar'ie Muhammad menghembuskan napas terakhirnya di usia 77 tahun, sebelumnya mantan Dirjen Pajak ini sudah dirawat di RS Pusat Otak Nasional sejak pertengahan November lalu.

Politikus Partai Golkar M Misbakhun mengakui, dirinya mengenal almarhum Mar'ie Muhammad sebagai sosok teladan bagi anak muda yang ingin membangun reputasi pribadi, dengan kualitas integritas yang baik dan penuh keserhanaan.

"Beliau adalah pribadi yang dikenal sebagai sosok yang bersih pada eranya. Pemimpin yang cakap dalam menjalankan tugas, tanpa banyak menistakan orang lain atau anak buah yang dianggapnya tidak sejalan dengan keinginan beliau dalam memimpin," kata Misbakhun dalam siaran pers.

Anggota Komisi XI DPR RI ini bercerita, Mar'ie Muhammad tidak pernah membangun pencitraan pribadi untuk menunjukkan dirinya sebagai sosok yang bersih, tapi beliau membuktikan dalam tindakan nyata.

Diakuinya, teladan, sikap, dan perbuatan beliau yang demikian tetap relevan dan aktual sampai saat ini, untuk dijadikan panutan oleh generasi berikutnya para pemimpin negeri ini. Para calon pemimpin negeri yang kelak akan memimpin negeri ini.

"Saat menjadi mahasiswa Mar'ie Muhammad adalah aktivis yang ikut pergerakan angkatan 66 yang menumbangkan orde lama dan melahirkan orde baru," ucap Misbakhun.

Sampai akhirnya sambung Misbakhun, julukan Mr Clean melekat pada sosok Mar'ie Muhammad. Beliau menduduki banyak jabatan penting. Sampai kemudian menjadi Dirjen Pajak lalu menjadi Menteri Keuangan di zaman Presiden Soeharto. Pada saat itu, sebutan Mr Clean mulai melekat pada sosok Mari'e Muhammad.

"Adakah pencitraan sebagai Mr Clean itu dibangun lewat media oleh tim atau oleh beliau (Pak Mar'ie) sendiri? Tentu tidak. Tidak pernah itu dilakukan oleh Pak Mar'ie. Sebutan Mr Clean itu datang dari kolega, staf, dan anak buah Pak Mar'ie sendiri," ungkapnya.

"Pak Mar'ie Muhammad tidak pernah membangun pencitraan pribadi soal integritas, pidato beliau selalu sejuk, memberikan bimbingan, sangat jarang marah di tempat terbuka kepada anak buah atas, staf, isi pidatonya memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh anak buah," tutur Misbakhun.

Misbakhun mengungkapkan, sosok Mar'ie Muhammad sangat sederhana dan bersahaja. berasal dari Kampung Ampel, di Surabaya, yang di rumah lebih sering memakai sarung dan kaos oblong.

"Rumah yang beliau punya saat ini adalah diperoleh sebagai hak beliau karena pengabdian pada negara yang Pak Mari'e tidak mau tanda tangan fasilitas negara untuk dirinya sendiri," kata Misbakhun.

"Sehingga Menteri Keuangan berikutnya yang harus tanda tangan fasilitas tersebut, karena tahu ternyata sampai pensiun dari pengabdian panjang pada negara, Pak Mari'e tidak punya rumah pribadi," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4719 seconds (0.1#10.140)