Akan Lebih Indah jika Medsos Jadi Alat Merajut Kerukunan Umat

Senin, 21 November 2016 - 17:01 WIB
Akan Lebih Indah jika Medsos Jadi Alat Merajut Kerukunan Umat
Akan Lebih Indah jika Medsos Jadi Alat Merajut Kerukunan Umat
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Remaja Islam Masjid Cut Meutia (Risma) Soekarno Hatta mengakui, di era teknologi digital di mana semua pihak bisa meluapkan pendapatnya lewat media sosial (medsos).

"Jadi medsos itu jangan dijadikan alat mem-bully. Akan lebih indah jika media sosial menjadi alat untuk merajut kerukunan umat beragama," kata Soekarno dalam siaran pers, di Jakarta, Senin (21/11/2016).

Dia meminta kepada semua pihak khususnya anak muda, agar menjadi garda terdepan dalam menjaga kerukunan umat beragama.

"Anak muda adalah motor dalam perubahan. Jangan sampai rasa toleransi yang selama ini terjaga, menjadi terkoyak," ucapnya.

Sedangkan terkait proses hukum dan penegakan hukum, dia meminta agar aparat adil dan menegakkan keadilan.

"Penegakan hukum harus tegak berdiri demi keadilan. Saya yakin kita semua sepakat kalau hukum harus ditegakkan," tukasnya.

Karena diakuinya, jika keadilan hukum sudah tegak, maka kerukunan umat beragama bisa terwujud dan kehidupan berbangsa dan bernegara berjalan dengan baik.

"Bhineka tunggal ika sudah jelas mengatur hidup soal toleransi beragama. Walau kita berbeda agama, suku hingga warna kulit tapi tetap satu," tegas Soekarno.

Dia tidak bisa membayangkan jika kerukunan hancur berkeping-keping tentunya butuh waktu belasan atau puluhan tahun lagi untuk merajutnya.

"Jakarta sebagai barometer dan miniatur Indonesia, bisa Anda bayangkan jika gejolak itu didiamkan hingga akhirnya menghancurkan kerukunan antar umat beragama," tambahnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6885 seconds (0.1#10.140)