Pemerintah Akui Belum Cek Jamaah Haji RI Overstay

Selasa, 04 Oktober 2016 - 15:50 WIB
Pemerintah Akui Belum Cek Jamaah Haji RI Overstay
Pemerintah Akui Belum Cek Jamaah Haji RI Overstay
A A A
JAKARTA - Pemerintah mengakui belum mengecek ‎jamaah haji overstay atau melebihi masa tinggal dan jamaah haji tersebut berada di Madinah, Arab Saudi.

‎"Konsulat Jenderal (Konjen) kita yang di Jeddah selalu komunikasi, tapi saya belum cek lagi," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (4/10/2016).

Menlu Retno menduga, overstay jamaah haji karena menggunakan paspor di luar Indonesia seperti Filipina. Retno mengakui, sebanyak 106 jamaah haji telah dipulangkan melalui Manila dan tengah menjalani proses pemeriksaan.

"Dulu angka yang diperkirakan otoritas Filipina sekitar 700 (jamaah), tapi kita tidak pernah tahu angka tepatnya‎," ungkapnya.

Menurut Retno, pihaknya tidak bisa memastikan kapan para jamaah haji overstay itu bisa dipulangkan. Namun dia berharap bisa cepat pulang setelah menjalani pemeriksaan imigrasi Filipina.

‎"Tinggal kita mengurus clearance dari otoritas Filipina sambil menyiapkan SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor)‎," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5537 seconds (0.1#10.140)