Program Sosial Pemerintah Bebaskan Masyarakat dari Rentenir

Jum'at, 09 September 2016 - 18:57 WIB
Program Sosial Pemerintah Bebaskan Masyarakat dari Rentenir
Program Sosial Pemerintah Bebaskan Masyarakat dari Rentenir
A A A
JAKARTA - Pemerintah berupaya menjadikan masyarakat mandiri dengan kesejahteraan yang cukup. Salah satu caranya melalui pemberian Program Keluarga Harapan (PKH) nontunai dengan harapan mayarakat mampu membangun perekonomian sendiri.

Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengatakan penyaluran bantuan secara nontunai diwujudkan dengan membentuk elektronik Warung Gotong Royong (e-Warong) Kredit Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (KUBE PKH). Harapannya, kata dia agar masyarakat miskin tidak terjerat dengan rentenir.

"Program e-Warong ini merupakan langkah awal kita untuk melayani masyarakat agar mereka lebih sejahtera," ujar Khofifah, Jumat (9/9/2016).

Dia menyampaikan, program e-Warong KUBE PKH berada di bawah badan hukum Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera (KMIS). Dia menuturkan, dengan e-Warong, warga miskin, khususnya di Bandar Lampung yang menginginkan memiliki warung dan lepas dari jerat rentenir bisa mewujudkan.

"E-Warong hanya melayani para pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan barang yang dijual lebih murah daripada harga pasaran," tuturnya. (Baca: Mensos Ditunjuk Jadi Juri Pahlawan untuk Indonesia 2016)

Dia menyebutkan beberapa barang yang dibeli melalui e-Warong dengan harga murah antara lain beras, gula pasir dan minyak goreng. "Selain di e-Warong, uangnya bisa diambil melalui ATM BRI, BTN, BNI dan Mandiri," katanya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2597 seconds (0.1#10.140)