Cegah Virus Zika, Suhu Tubuh Penumpang di Bandara Soetta Diperiksa

Rabu, 31 Agustus 2016 - 19:17 WIB
Cegah Virus Zika, Suhu Tubuh Penumpang di Bandara Soetta Diperiksa
Cegah Virus Zika, Suhu Tubuh Penumpang di Bandara Soetta Diperiksa
A A A
JAKARTA - Kantor Kesehatan Pelabuhan wilayah Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang melakukan upaya mencegah masuknya virus Zika.

Pencegahan itu dilakukan dengan menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh terhadap penumpang pesawat yang baru tiba dari luar negeri.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeleok mengeluarkan imbauan bepergian atau travel advisory bagi warga negara Indonesia yang ingin ke Singapura terkait merebaknya virus Zika. (Baca juga: Virus Zika, Pemerintah Minta Warganya Tak ke Singapura)

Pada Rabu (31/8/2016) terlihat para penumpang yang baru tiba di Bandara Soekarno-Hatta diwajibkan melewati alat pendeteksi suhu tubuh atau thermo scanner.Alat tersebut dipasang di pintu kedatangan bandara. Terutama para penumpang dari negara berstatus kejadian luar biasa.

“Semua penumpang dan barang dari negara endemik diawasi dan dicurigai, penumpang harus melalui thermo scan, jika suhu tubuh penumpang lebih dari 38 derajat Celcius akan dilakukan pemeriksaan,” tutur Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan, Bandara Soekarno-Hatta, Susanto, Rabu (31/08/2016).

Virus Zika termasuk dalam garis virus Flavivirus masih keluarga yang sama dengan penyakit dengue atau demam berdarah. Virus tersebut disebarkan oleh nyamuk Aedes. Bagi ibu hamil, virus itu dapat menyebabkan otak dan kepala janin bayi mengecil.

Penyebaran virus Zika sudah sampai ke negara Asia. Di Singapura dan Thailand sudah ada yang terjangkit virus tersebut.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3601 seconds (0.1#10.140)