Pencairan Anggaran Pilkada Tahap Kedua Bulan Depan

Jum'at, 26 Agustus 2016 - 16:16 WIB
Pencairan Anggaran Pilkada Tahap Kedua Bulan Depan
Pencairan Anggaran Pilkada Tahap Kedua Bulan Depan
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengingatkan pemerintah daerah yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 untuk menyiapkan kembali anggaran tahap kedua. Usai pencairan tahap pertama pada Mei silam, maka pencairan kedua dijadwalkan pada September 2016.

“Iya, kita sudah ingatkan KPU provinsi, kab/kota untuk mengirim pemberitahuan dan permintaan transfer anggaran tahap berikutnya,” ujar Komisioner KPU Arief Budiman di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Pemberitahuan sendiri menurut Arief sudah dilakukan satu bulan sebelum anggaran baru dicairkan. Kata Arief, apabila daerah urung mencairkan anggaran sesuai jadwal maka potensi untuk menghentikan tahapan yang berjalan terbuka.

“Ya bisa dihentikan tahapan, kalau duit tidak dicairkan bisa dihentikan,” tambahnya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari 101 daerah yang menyelenggarakan Pilkada 2017 ada empat jenis pencairan yang dilakukan. Pencairan yang dilakukan 1 tahap, 2 tahap, 3 tahap dan 4 tahap.

"Khusus daerah yang pencairannya 4 tahap seharusnya bulan ini sudah cair tahap kedua," lanjut Arief.

Meski demikian, Arief mengakui besaran dana yang dibagi pertahap ini berbeda antara daerah satu dengan yang lainnya. "Misalnya tiga tahap bisa saja tahap pertama 50%, kemudian tahap kedua dan ketiga 25+25%. Atau yang dicairkan 4 tahap, ada yang sekarang sudah 50%," ungkapnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4711 seconds (0.1#10.140)