Penjelasan Menag Soal Sajadah Dipakai untuk Alas Kelompok Penari

Selasa, 05 Januari 2016 - 13:47 WIB
Penjelasan Menag Soal Sajadah Dipakai untuk Alas Kelompok Penari
Penjelasan Menag Soal Sajadah Dipakai untuk Alas Kelompok Penari
A A A
JAKARTA - Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan foto tarian Bali di atas sajadah. Peristiwa itu terjadi dalam rangkaian peringatan hari amal Bhakti ke-70 Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) DKI Jakarta, di Kantor Kanwil DKI Jakarta, Minggu 3 Januari 2016.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin pun memberikan menjelaskan perihal peristiwa tersebut. "Itu sebenarnya kejadian yang di luar dugaan kita sama sekali," ujar Lukman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (5/1/2016).

Lukman menceritakan, sebenarnya berbagai tarian daerah ditampilkan dalam acara tersebut. Diawali dengan tarian Saman, Aceh oleh 175 siswa. "Karena banyak, dan itu tempatnya di jalan, maka diperlukan karpet," tuturnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, karpet yang digunakan itu selama ini digunakan untuk aula Kantor Kanwil DKI Jakarta.

"Bukan untuk salat, bukan untuk karpet yang di Masjid, tapi karpet yang digunakan di aula untuk kegiatan-kegiatan sosial di kantor itu. Ya kemudian itu digelarlah untuk 175 siswa-siswa kita yang mau menari Saman," tuturnya.

Dia menambahkan, setelah penampilan tarian Saman, Aceh, kemudian dilanjutkan dengan penampilan tarian Bali. ‎"Nah ketika tarian Bali itu tampil, karpet yang sajadah ini tidak sempat lagi digulung, gitu. Tidak sempat lagi dibenahi lalu kemudian terjadilah insiden itu," ucapnya.

Maka itu dia berpendapat, tidak ada unsur kesengajaan dalam peristiwa tarian Bali di atas sajadah itu. "Jadi ini betul-betul kelalaian, kekhilafan. Dan Kakanwil, saya sendiri‎ sudah menyampaikan permohonan maaf kepada publik, khususnya kepada umat Islam," pungkasnya.

Pilihan:

Respons Hidayat Soal Rumor Fahri Lengser dari Wakil Ketua DPR

Jokowi Perlu Reshuffle Kabinet, Ini 9 Menteri Layak Diganti
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.2760 seconds (0.1#10.140)