Jimly Pernah Perjuangkan Bang Buyung Jadi Guru Besar UI

Kamis, 24 September 2015 - 16:18 WIB
Jimly Pernah Perjuangkan Bang Buyung Jadi Guru Besar UI
Jimly Pernah Perjuangkan Bang Buyung Jadi Guru Besar UI
A A A
JAKARTA - Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie mengaku sering bertukar pendapat dengan Almarhum Adnan Buyung Nasution. Dia menilai, Bang Buyung sapaan akrab Adnan sebagai orang yang sangat kritis. Selain kritis, Bang Buyung adalah sosok yang jujur dan bicara apa adanya.

"Saya riset di Belanda tahun 89 atau 90. Ketemu di Leiden. Pertemuan pertama bukan nanya kabar, tapi langsung tanya ini disertasi Anda apa gunanya untuk bangsa dan negara. Dia orangnya kritis dan jujur sekali. Berbeda dengan komunikasi dengan politisi," ujar Jimly di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis (24/9/2015).

Meski tidak seperti advokat lain yang sering melakukan rapat bersama Bang Buyung, namun Jimly mengaku pernah berhubungan dengan Bapak Advokat Indonesia itu di luar aktivitas hukum.

"Saya pernah perjuangkan beliau untuk jadi guru besar di UI tapi tak berhasil. Tapi beliau dapat guru besar kehormatan di Melbourne. Setiap kali saya susun tim penguji doktor di UI, saya selalu masukkan nama beliau. Beliau senang," jelasnya.

Dia berharap, para pemimpin muda ke depan bisa belajar dari apa yang dikerjakan oleh Adnan Buyung semasa hidupnya. "Mudah-mudahan generasi muda belajar dari beliau," tandas Jimly.

PILIHAN:

HT Perkenalkan Partai Perindo ke Warga Rawa Buaya

Jimly Nilai Adnan Buyung Pantas Dimakamkan di TMP
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5989 seconds (0.1#10.140)