Uji Calon Dubes Tuntas, Pandangan 10 Fraksi Tak Bulat

Kamis, 17 September 2015 - 21:44 WIB
Uji Calon Dubes Tuntas, Pandangan 10 Fraksi Tak Bulat
Uji Calon Dubes Tuntas, Pandangan 10 Fraksi Tak Bulat
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan, pihaknya baru saja menyelesaikan rapat internal membahas 33 nama calon duta besar (dubes) Indonesia untuk negara sahabat.

Mahfudz mengatakan, 10 fraksi yang ada di Komisi I telah menyampaikan pandangannya masing-masing. Diakuinya, pandangan yang disampaikan itu tidak bulat. Namun Mahfudz mengaku tidak dapat menyampaikan satu per satu pandangan tersebut.

"Dalam tatib (tata tertib) disampaikan secara rahasia kepada presiden," ujar Mahfudz di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/9/2015).

Secara umum kata Mahfudz, latar belakang dan institusi para calon dubes sangat beragam. Dia menilai hal tersebut mempengaruhi penilaian dalam fit and proper test calon dubes.

Kemudian lanjut politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, pihaknya lebih mempertajam menelusuri visi dan visi terkait diplomasi ekonomi para calon dubes.

Pasalnya menurut dia saat ini, diplomasi ekonomi sangat diperlukan untuk memperkuat neraca perdagangan. "Sebagian dubes bisa jelaskan itu, sebagian ada juga yang tidak bisa," ungkapnya.

"Ini jadi PR Kemenlu (Kementerian Luar Negeri) untuk diperlukan peningkatan. Agar betul-betul perform capai target di pemerintah selama tiga tahun," ucap Mahfudz.

Namun pada prinsipnya dia menegaskan, hasil fit and proper test 33 calon dubes tersebut akan disampaikan ke presiden secara tertutup. Pihaknya kata Mahfudz, juga akan mengkomunikasikan dan mendiskusikan kepada Menlu.

"Ini jadi bahan penting bagi Kemenlu dalam proses selanjutnya," ucap Mahfudz.

Pilihan:

WNI Disandera, Jokowi Akan Telepon PM Papua Nugini
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7243 seconds (0.1#10.140)