Gerakan Tahun Damai di Dunia Maya Efektif Tangkal ISIS

Jum'at, 04 September 2015 - 19:38 WIB
Gerakan Tahun Damai di Dunia Maya Efektif Tangkal ISIS
Gerakan Tahun Damai di Dunia Maya Efektif Tangkal ISIS
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) telah mencanangkan tahun 2015 sebagai Tahun Damai di Dunia Maya. BNPT juga menggiatkan sosialisasi pencegahan paham Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di seluruh Indonesia.

Bahkan, BNPT sudah melakukan sosialisasi pencegahan dengan menjangkau tokoh pemuda, tokoh budaya sampai ke tokoh pendidikan dari Sabang sampai Merauke.

Langkah BNPT ini dinilai positif dan perlu didukung para pihak terkait untuk menangkal propaganda dari kelompok militan ISIS yang semakin meresahkan, terutama melalui dunia maya.

"Kalau dibiarkan pasti akibatnya sangat berbahaya, apalagi saat ini masyarakat Indonesia sudah terbagi dalam menyikapi propaganda ISIS tersebut. Paling bahaya bila masyarakat percaya begitu saja dengan ISIS, sehingga mereka sangat gampang untuk direkrut,” ujar pengamat intelijen, Wawan Hari Purwanto, Jakarta, Jumat (4/9/2015)

Pandangan serupa disampaikan tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) Adnan Anwar. Menurutnya, propaganda yang disebarkan ISIS hanya kebohongan. “Uang yang mereka dapatkan selama ini semuanya berasal dari bisnis hitam. Seperti jual beli sumber daya alam atau seperti minyak melalui pasar gelap," tukas Adnan.

Sementara itu, janji kehidupan lebih baik yang diiming-iming pihak ISIS dinilai sebagai pemanis untuk memuluskan pengaruh mereka. "Apalagi menjanjikan semua fasilitas gratis seperti sekolah, kesehatan, listrik, air dan sebagainya. Itu bualan mereka saja,” tandasnya.

Baca: Pilot yang Diduga Gabung ISIS Mantan Prajurit TNI AL.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6603 seconds (0.1#10.140)