Tak Ungkap Capim KPK Tersangka, Polri Sama Saja dengan LSM

Selasa, 01 September 2015 - 14:29 WIB
Tak Ungkap Capim KPK Tersangka, Polri Sama Saja dengan LSM
Tak Ungkap Capim KPK Tersangka, Polri Sama Saja dengan LSM
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa meminta Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri, segera mengumumkan Calon pemimpin (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah ditetapkan menjadi tersangka oleh Bareskrim.

Politikus Partai Gerindra itu menilai jika tidak segera mengumumkan, kedudukan Polri sama saja dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang hanya bicara namun tidak ada kepastian. Padahal Polri adalah lembaga hukum.

"Kalau tidak diumumkan jadi fitnah. Jangan biasa menggunakan kelembagaannya. Menyebarkan isu tidak jelas. Sama saja dengan LSM," ujar Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Komisi III kata dia, sejak awal telah memperhatikan proses dan menunggu nama Capim KPK diserahkan ke DPR. Dari perjalanannya kata dia, DPR melihat ada kesan Panitia seleksi (Pansel) KPK seperti menunggu seseorang.

Desmond menyebutkan, bahwa LSM Indonesia Corruption Watch (ICW) yang sempat meminta agar Pansel KPK tak memilih capim dari Kepolisian dan Kejaksaan.

"Kesininya semakin jelas penggalangan itu, ICW sebut polisi jaksa enggak layak. Ada kesan lembaga tertentu itu enggak boleh," ungkapnya.

Maka itu dia meminta agar pihak Bareskrim segera mengumumkan Capim KPK yang menjadi tersangka. "Kalau tidak konkret, polisi dan ICW itu sama saja. Sama-sama menimbulkan isu yang tidak sehat," tandas Desmond.

Pilihan:

Gerindra Khawatir Kondisi RI Saat Ini Picu Krisis Politik
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4829 seconds (0.1#10.140)