Tahapan Pemilihan Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Rabu, 05 Agustus 2015 - 00:05 WIB
Tahapan Pemilihan Pimpinan Pusat Muhammadiyah
Tahapan Pemilihan Pimpinan Pusat Muhammadiyah
A A A
MAKASSAR - Proses pemilihan calon ketua PP Muhammadiyah periode 2015-2020 akan dilakukan hari ini. Dari 39 nama yang ada saat ini, akan dipilih 13 di antaranya untuk duduk di struktur organisasi tersebut.

Ketua Pemilihan Dahlan Rais membeberkan proses yang akan berjalan selama satu hari tersebut. Pertama, memberikan kepada pemilik suara untuk menggunakan hak pilihnya.

"Kita akan memanggil per wilayah secara urut lewat undian. Diawali pimpinan wilayah kemudian ke tiap daerah," ujar Dahlan saat menggelar konferensi pers di Gedung Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh), Selasa (4/8/2015) malam.

Panitia pemilihan mencatat 2.568 peserta pemilihan yang yang akan ikut dalam kegiatan ini. Mereka telah diberikan tanda khusus yang menegaskan keikutsertaannya di proses pemilihan.

"Waktu pemilihan akan dimulai sejak pukul 08.00 WITA. Panitia menyediakan 20 bilik serta 10 kotak suara untuk mendukung terselenggaranya pemilihan," kata Dahlan.

Adapun untuk proses pemungutan suara akan dilaksanakan secara manual, namun untuk penghitungannya akan dilakukan secara elektronik (ecounting).

"Panitia juga telah menyiapkan 15 komputer untuk mendukung proses hitung secara elektronik. Setiap komputer akan ditempatkan tiga orang sebagai penginput data, saksi, dan panitia pemilihan," tutur Dahlan.

"Itu untuk memastikan proses bekeja secara simultan sehinggaa hitungan cepat. Saya berharap tidak ada kendala sehingga semua berjalan lancar," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5255 seconds (0.1#10.140)