Hindari Kriminalisasi, Pansel Usut Rekam Jejak Capim KPK

Selasa, 28 Juli 2015 - 16:23 WIB
Hindari Kriminalisasi, Pansel Usut Rekam Jejak Capim KPK
Hindari Kriminalisasi, Pansel Usut Rekam Jejak Capim KPK
A A A
JAKARTA - Panitia seleksi (Pansel) Calon pemimpin (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah melaksanakan tahap ketiga seleksi melalui penelusuran rekam jejak (tracking) dan profile assesment.

Salah satu anggota tim Pansel KPK berharap proses tracking yang dijalani 48 calon pemimpin KPK nantinya dapat meminimalisir upaya kriminalisasi yang belakangan marak ditujukan kepada pemimpin KPK.

"Kita berharap siapapun yang sudah dihasilkan, sudah bersih dari SKCK (surat keterangan catatan kepolisian), sudah clear dengan tracking-nya tidak ada lagi bahasanya dikriminalkan atau bahasa yang mudah di masyarakat dikriminalisasikan lagi karena daftar sudah clear," kata Yenty saat konferensi pers, di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/7/2015).

Sementara anggota Pansel KPK lainnya Natalia Subagio mengatakan, proses tracking dianggap sebagai tahapan penting untuk menentukan kandidat terbaik.

Dia berharap pasca melewati tahapan tersebut, nantinya para calon dapat bekerja dengan efektif dan terganggu lantaran upaya kriminal yang remeh temeh seperti kriminalisasi.

"Pimpinan KPK harus dilindungi dari perbuatan kriminal yang beriktikad buruk, yang mempunyai iktikad tidak baik berupa rekayasa, cari-cari kasus," tuturnya.

"Yang penting tracking adalah agar kemudian hari bila mereka dinyatakan bersih, pimpinan KPK bisa bekerja lebih aman dan tidak khawatir akan dikenakan kasus yang lama atau dicari-cari," pungkasnya.

Seperti diketahui, sejak 27 hingga 28 Juli 2015 hari ini Capim KPK tengah menjalani tes ketiga. Tes diikuti oleh 48 calon yang lolos tahap dua itu meliputi profile assesment dan penelusuran rekam jejak.

Pilihan:

TNI Mutasi 84 Perwira

Kubu Ical Ungkap Praktik Dugaan Pemerasan Kader Golkar
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8186 seconds (0.1#10.140)