Tok! Komisi I Dukung Sutiyoso Jadi Kepala BIN

Selasa, 30 Juni 2015 - 17:58 WIB
Tok! Komisi I Dukung Sutiyoso Jadi Kepala BIN
Tok! Komisi I Dukung Sutiyoso Jadi Kepala BIN
A A A
JAKARTA - Seluruh fraksi partai politik di Komisi I DPR secara bulat mendukung Letnan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (KaBIN).

Keputusan tersebut dibacakan Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq seusai melakukan pendalaman terhadap visi dan misi Sutiyoso dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

"Kami telah melakukan pendalaman kurang lebih selama empat jam. 10 fraksi telah sampaikan pandangan dan pendapatnya. Semuanya mendukung," kata Mahfudz di ruang rapat Komisi I, Gedung Nusantara II DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (30/6/2015).

Dalam pandangannya terhadap Sutiyoso, ada tiga konsideran yang dipertimbangkan 10 fraksi, pertama terkait seleksi administrasi. Mahfudz mengatakan, kelengakapan administrasi yang dimilik Sutiyoso telah sahih dan lengkap.

"Calon Kepala BIN kita ini menurut kami adalah warga negara Indonesia yang baik," ujar Mahfudz.

Kedua, pemaparan visi dan misi. Komisi I mempertimbangkan latar belakang Sutiyoso di dunia intelijen dan pengalamannya di TNI serta memegang pemerintahan sipil selama menjadi Gubernur DKI Jakarta. Sutiyoso juga memiliki latar belakang dunia politik sebagai Ketua Umum PKPI.

Ketiga, Komisi I juga memperhatikan sejumlah isu fundamental yang krusial dan menjadi tupoksi intelijen. Mulai dari perkembangan politik nasional, kawasan dan regional.

Mahfudz melanjutkan, berdasarkan Pasal 199 Ayat 2 Tata Tertib DPR, hasil pembahasan Komisi I tentang Kepala BIN ini selanjutnya dilaporkan dalam Badan Musyawarah (Bamus) DPR dan selanjutnya ditetapkan dalam rapat paripurna.

"Hasil rekomendasi Komisi I akan kami serahkan kepada pimpinan DPR untuk segegra diparipurnakan," ungkap Mahfudz.

PILIHAN:
Ini Visi dan Misi Sutiyoso Jadi Kepala BIN


Sutiyoso Ingin Pengembangan IT Jadi Prioritas BIN
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7748 seconds (0.1#10.140)