Jokowi Ngomong Sampah di Rapat Kabinet

Selasa, 23 Juni 2015 - 16:01 WIB
Jokowi Ngomong Sampah di Rapat Kabinet
Jokowi Ngomong Sampah di Rapat Kabinet
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai belum ada satupun daerah yang berhasil menangani sampah. Dia mengaku telah melihat cara pengolahan sampah di beberapa negara, seperti di Singapura dan Korea.

"Di negara kita belum ada, problem-problem yang ada di sisi regulasi," ujar Jokowi saat membuka rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (23/6/2015).

Oleh karena itu, lanjut dia, pengolahan sampah menjadi program pemerintah yang sangat penting. Pengolahan sampah, kata dia, harus terpadu dan sistemik.

Dia menjelaskan yang terpenting pengolahan sampah itu memberikan manfaat bagi masyarakat. Adapun manfaat itu, yakni tetap menjaga kesehatan lingkungan atau mampu mengubah perilaku masyarakat.

Jokowi menambahkan, dalam praktiknya banyak pengolahan sampah saat ini yang masih menggunakan cara mengumpulkan atau menimbun. Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu pengolahan sampah perlu trobosan.

"Intinya kita ingin segera punya kota percontohan pengolahan sampah yang betul, apakah pakai generator, recycle atau apa," pungkasnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8046 seconds (0.1#10.140)