Momen Presiden Jokowi Santap Nasi Kotak Bersama Peserta Rakornas Kepala Daerah

Rabu, 18 Januari 2023 - 22:16 WIB
loading...
Momen Presiden Jokowi Santap Nasi Kotak Bersama Peserta Rakornas Kepala Daerah
Presiden Jokowi makan siang bersama dengan peserta dan undangan Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 di SICC, Kabupaten Bogor, Selasa (17/1/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Momen menarik terjadi di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tahun 2023 di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Selasa (17/1/2023). Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) sempat meninggalkan lokasi acara tapi kemudian kembali lagi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut tampak mengikuti diskusi panel, dengan pembicara sejumlah jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju serta beberapa pejabat tinggi negara yang dipandu Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) Bahtiar.

Saat jeda istirahat salat dan makan siang, Presiden berjalan mengelilingi lokasi acara untuk menyapa sejumlah peserta yang terdiri dari kepala daerah dan jajaran Forkopimda seluruh Indonesia. Bahkan, sesekali Presiden melayani permintaan foto bersama dari beberapa peserta. Tak hanya itu, Presiden juga makan siang bersama dengan peserta dan undangan. Menu yang disantap Presiden pun sama dengan peserta maupun undangan yang hadir, yakni berupa nasi kotak.

Rakornas yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini mengusung tema Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi. Rakornas ini menghadirkan sejumlah narasumber termasuk seluruh menteri koordinator (menko) yang terbagi dalam empat diskusi panel. Berbagai isu penting menjadi pembahasan dalam diskusi ini, di antaranya soal Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi; Penguatan Investasi, Hilirisasi, dan Kemudahan Perizinan Berusaha; Penanganan Covid-19, Stunting, Kemiskinan, dan Jaring Pengaman Sosial; serta Stabilitas Politik, Hukum, Keamanan, dan Pengawasan.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan sejumlah arahan mengenai ancaman resesi hingga stabilitas jelang Pemilu 2024. Ia mengingatkan seluruh kepala daerah dan pemangku kebijakan di Indonesia berhati-hati pada ancaman resesi. Presiden mengungkapkan, International Monetary Fund (IMF) memprediksi sepertiga perekonomian dunia akan mengalami resesi.

"Meskipun pertumbuhan ekonomi kita berada pada posisi yang sangat baik, hati-hati, sepertiga ekonomi dunia diprediksi mengalami resesi. Bahkan untuk negara yang tidak terkena resesi ratusan juta penduduknya merasakan seperti sedang resesi, hati-hati!," kata mantan Wali Kota Solo dua periode ini.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)