TNI AL Bakal Kedatangan Kapal Perang Penyapu Ranjau dari Jerman Akhir Tahun Ini

Jum'at, 13 Januari 2023 - 07:33 WIB
loading...
TNI AL Bakal Kedatangan Kapal Perang Penyapu Ranjau dari Jerman Akhir Tahun Ini
Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) akan kedatangan kapal perang pemburu ranjau buatan Jerman pada akhir 2023 atau awal 2024. Foto/Wikipedia
A A A
JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) akan kedatangan alat utama sistem pertahanan (alutsista) tambahan pada akhir 2023 atau awal 2024.Alutsista tersebut adalah kapal perang penyapu ranjau buatan Jerman.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan pihaknya akan berusaha agar kapal perang itu dapat tiba di Indonesia sesuai dengan rencana.

"Itu masih direncanakan, sebisa mungkin akhir tahun ini atau awal tahun depan," ujar Ali di Sekolah Staf Dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), Jakarta, Kamis (12/1/2023).

Ali menuturkan pihaknya telah mempersiapkan satuan tugas untuk mengawaki kapal perang tersebut."Tapi kan ada dua rencana itu, bertahap. Dan mereka juga sudah dibentuk satgas, mereka siap mengawaki dan membawa kembali ke Tanah Air," ucapnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan bakal ada tambahan alutsista untuk Angkatan Laut. Yudo memastikan kapal perang pemburu ranjau buatan Jerman segera tiba di Indonesia pada 2023.

"Ada kapal yang dari penyapu ranjau, yang dari Jerman, itu akan datang juga," kata Yudo usai acara serah terima jabatan (sertijab) Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Lapangan Trisila Mabes AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (29/12/2022).

Selain itu, Yudo mengatakan TNI AL juga akan memiliki kapal bantu rumah sakit (BRS) KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 siap beroperasi. "Nanti AL (angkatan laut) ada kapal rumah sakit KRI Radjiman akan jadi," kata Yudo.

Untuk diketahui, Kapal Rumah Sakit KRI Dokter Radjiman Wedyodiningrat-992segera diserahterimakan dan siap beroperasi. Hal ini ditandai dengan suksesnya rangkaian uji yang telah dilalui, salah satunya yakni uji pelayaran atau Sea Acceptance Test (SAT).

Iropslat Itjenal Laksma TNI Nursyawal Embun mengatakan giat commodore inspection telah dilakukan dan dapat disimpulkan KRI Dokter Radjiman Wedyodiningrat-992siap dioperasikan.

"Kapal bantu rumah sakit (BRS) dr Radjiman Wedyodiningrat-992 telah memenuhi fungsi asasi sebagai kapal rumah sakit," kata Nursyawal dalam siaran pers PT PAL Indonesia, Jumat (30/12/2022).
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)