Mengenal 5 Jenderal TNI AD Kelahiran Bumi Cenderawasih Berkarier Cemerlang

Kamis, 12 Januari 2023 - 12:30 WIB
loading...
Mengenal 5 Jenderal TNI AD Kelahiran Bumi Cenderawasih Berkarier Cemerlang
Tanah Cenderawasih Papua banyak melahirkan Jenderal TNI-AD yang memiliki karier moncer. Foto DOK Dispenad
A A A
JAKARTA - Tanah Cenderawasih Papua banyak melahirkan Jenderal TNI-AD yang memiliki karier moncer. Tak hanya menduduki jabatan strategis, mereka juga berhasil meraih pangkat tinggi dan membanggakan tempat kelahirannya.

Pada sejarahnya, Papua tak hanya dikenal dengan keindahan alam dan potensi sumber daya alamnya. Dalam hal ini, daerah yang berada di bagian timur Indonesia tersebut juga banyak melahirkan prajurit-prajurit cemerlang yang turut berkontribusi bagi TNI.

Baca juga : 6 Panglima TNI Kelahiran Jawa Timur, Nomor Terakhir Baru Dilantik

Berikut lima Jenderal TNI-AD kelahiran Bumi Cenderawasih yang memiliki karier cemerlang.

1. Brigjen TNI Yusuf Ragainaga

Brigadir Jenderal TNI Yusuf Ragainaga merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Saat ini, dia menduduki jabatan Kepala Staf Komando Daerah Militer XVIII/Kasuari.

Dalam riwayatnya, pria kelahiran 8 Januari 1967 ini diketahui sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) 1990. Sebelum menjabat Kasdam Kasuari, Yusuf Ragainaga juga pernah menyemat sejumlah posisi lainnya.

Beberapa di antaranya adalah Kapok Sahli Pangdam XVIII/Kasuari (2021-2022), Kasrem 173/Praja Vira Braja (2020-2021), hingga Staf Ahli Pangdam Kasuari bidang Hukum dan Humaniter (2019-2020).

2. Letjen TNI (Purn) Joppye Onesimus Wayangkau

Letjen TNI (Purn) Joppye Onesimus Wayangkau menjadi putra Papua pertama yang meraih pangkat bintang 3 di lingkungan TNI Angkatan Darat. Mengutip keterangan dari laman resmi TNI-AD, dia pernah menjabat Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) pada tahun 2020.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)