Mengenal Jenderal TNI yang Berasal dari Marga Batak Silalahi

Selasa, 10 Januari 2023 - 17:51 WIB
loading...
Mengenal Jenderal TNI yang Berasal dari Marga Batak Silalahi
Sedikitnya ada lima Jenderal TNI bermarga Silalahi yang memiliki karier cemerlang di militer Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima Jenderal TN I bermarga Silalahi yang memiliki karier cemerlang di militer Indonesia. Menyandang gelar Perwira Tinggi tentu merupakan kebanggan tersendiri bagi seorang TNI, termasuk mereka yang memiliki marga silalahi.

Dikutip dari sumutprov.go.id, Marga silalahi merupakan sebuah marga yang berasal dari daerah Batak Toba Provinsi Sumatera Utara. Marga ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia terkhusus di kalangan militer.

Baca juga :3 Jenderal TNI Bermarga Batak Siregar yang Memiliki Karier Moncer

Berikut dua Jenderal TNI bermarga batak Silalahi :

1. Sudi Silalahi

Dikutip dari setneg.go.id, Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi merupakan Jenderal kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara pada 13 Juli 1949. Sejak Kecil ia bersama sembilan saudaranya hidup sederhana dan apa adanya meski sang ayah Abdul Aziz Silalahi pada saat itu menjabat sebagai Kepala Desa.

Pada awalnya, Sudi tidak ingin melanjutkan pendidikan militer dan berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke ITB. Namun karena ada beberapa masalah yang menghambatnya, ia akhirnya melanjutkan pendidikan di Akabri dan lulus pada tahun 1972.

Setelah lulus pendidikan militer ia mulai menjabat di beberapa jabatan penting seperti Wakil Assospol Kassospol ABRI, Kepala Staf Kodam Jaya hingga Pangdam V Brawijaya di Surabaya.

Selain sukses di bidang militer, Sudi juga memiliki karir yang sukses dibidang politik negara Indonesia. Saat SBY masih menjabat Menteri Koordinator Politik dan Keamanan, Sudi telah mendampingi SBY sebagai Sekretarisnya.

Bahkan setelahnya Sudi masih dipercaya untuk mendampinginya ketika SBY menjadi Presiden. Jabatan Politik yang pernah diembannya seperti Menteri Sekretaris Kabinet Bersatu II (2009-2014) dan Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Kabinet Gotong Royong (Oktober 2001-Juli 2004).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)